Warga Cipta Karya Gelar Aksi Sosial Peduli Bencana Sumbar

Warga Cipta Karya Gelar Aksi Sosial Peduli Bencana Sumbar
Warga Cipta Karya Gelar Aksi Sosial

Riauaktual.com - Warga Jalan Cipta Karya, Kelurahan Sialangmunggu, Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru, melakukan aksi sosial pengumpulan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan galodo di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat. 

Kegiatan bakti sosial ini diorganisir oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Sialangmunggu dan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 18 hingga 20 Mei 2024.

Pengumpulan bantuan dilakukan oleh pengurus LPM di sepanjang Jalan Cipta Karya, dengan Eko Prawi sebagai koordinator kegiatan dan didampingi oleh Agus Eko S, Ketua LPM Kelurahan Sialangmunggu. 

“Duka Sumbar adalah duka kita bersama karena mayoritas yang tinggal di Riau mempunyai sanak family di Sumatra Barat,” ujar Eko Prawi.

Selama kegiatan tersebut, terkumpul bantuan berupa 30 bal pakaian layak pakai, 30 karung beras, 30 kotak mi instan, pampers bayi, dan susu anak. Selain itu, terkumpul dana sebesar Rp. 7.058.000, serta beasiswa pendidikan gratis dan pemondokan untuk 10 anak perempuan yatim piatu korban bencana dari Rumah Qur'an Rumbai.

Masyarakat sekitar Jalan Cipta Karya merespons kegiatan ini dengan antusias, menyumbangkan bantuan ke posko sekretariat LPM di Waduk Cipta Karya, Gg. Hiu. Salah seorang warga, H. Mahendra, mendukung penuh kegiatan ini dan turut menyumbang enam kardus mi instan. 

“Kami mendukung kegiatan LPM Kelurahan Sialangmunggu untuk membantu saudara kita di Sumbar,” ujar H. Mahendra dengan bersemangat.

Penyaluran bantuan dilakukan pada hari Sabtu, 25 Mei 2024, pukul 17.00 WIB. Acara pelepasan tim bantuan dipimpin oleh Camat Tuah Madani, Nurhasminsyah S.stp, MSI, didampingi oleh Lurah Sialangmunggu, Fitriyati S.P, serta dihadiri oleh Dewan terpilih dari Kecamatan Tuah Madani, Bapak Syafri Sarif, SE, dan Ketua Forum RT/RW, pengurus LPM, serta Ketua RT dan RW di Kelurahan Sialangmunggu.

Camat Tuah Madani, Nurhasminsyah, mengapresiasi kegiatan ini dan berterima kasih atas sumbangan masyarakat dan pengurus LPM Sialangmunggu. Dia berpesan agar memberikan bantuan yang sesuai dengan kebutuhan warga korban bencana di Sumbar dan mengingatkan untuk menjaga nama baik Kelurahan Sialangmunggu selama proses pengiriman bantuan.

Tim relawan yang berangkat mengirim bantuan ke Sumbar terdiri dari lima orang, yaitu Eko Prawi, Firdaus M, Januardi, Falsofi Sebra, dan Daud.

Ketua LPM Kelurahan Sialangmunggu, Agus Eko S, menyampaikan rasa bangganya kepada pengurus LPM yang bersusah payah mengumpulkan donasi meskipun sibuk dengan aktivitas masing-masing. 

Agus Eko juga mengungkapkan bahwa LPM Sialangmunggu akan terus aktif dalam kegiatan-kegiatan yang melibatkan peran aktif masyarakat untuk membangun kampung. 

“Agenda selanjutnya adalah pelatihan dan membantu pengurusan perizinan bagi UMKM yang ada di Kelurahan Sialangmunggu, serta pelestarian Waduk Cipta Karya dan menjadikannya pusat kuliner dan UMKM di kawasan Waduk Cipta Karya,” pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index