Pelaksanaan Kegiatan Jamaah Calon Haji di Riau ke Embarkasi Batam Dilakukan Secara Mandiri

Pelaksanaan Kegiatan Jamaah Calon Haji di Riau ke Embarkasi Batam Dilakukan Secara Mandiri
Bandara Internasional SSK II Pekanbaru

Riauaktual.com - Mulai tahun ini, kegiatan pemberangkatan jamaah calon haji asal Riau akan dilakukan secara mandiri oleh masing-masing kabupaten/kota menggunakan penerbangan feeder haji, baik yang bersifat reguler flight maupun charter flight. Hal ini merupakan perubahan dari status Riau sebagai Embarkasi Haji Antara (EHA) pada tahun sebelumnya.

Hingga saat ini, sudah ada 6 kabupaten/kota di Riau yang akan memberangkatkan jamaah calon haji melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) menuju Embarkasi di Batam, Kepulauan Riau. Kota Pekanbaru, Kampar, Pelalawan, Kuansing, Rokan Hulu, dan Indragiri Hulu akan diangkut oleh maskapai Lion Air dan Citilink sebanyak 23 penerbangan dengan total 3.294 jamaah calon haji pada 13 Mei 2024 mendatang.

Radityo Ari Purwoko, Executive General Manager Bandara Sultan Syarif Kasim II, menjelaskan bahwa Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru telah menyiapkan hall khusus untuk menerima jamaah calon haji agar tidak bercampur dengan penumpang umum.

"Jamaah calon haji akan melalui pemeriksaan keamanan penerbangan di hall tersebut dan selanjutnya menunggu jadwal pemberangkatan layaknya prosedur pemberangkatan penumpang pada umumnya," ujarnya pada Jumat (10/5/2024).

Radityo menambahkan bahwa jamaah calon haji akan dilepas oleh masing-masing Pemerintah Daerah dan langsung menuju ke Bandara SSK II menggunakan bus menuju hall yang telah disiapkan.

"Untuk mengantisipasi para pengantar yang masuk atau ikut ke area hall, pihak Bandara SSK II telah menyiapkan personil tambahan baik dari Aviation Security (Avsec) maupun BKO TNI AU," tambah Radityo.

Dalam pelaksanaan kegiatan jamaah calon haji asal Riau tahun ini, Oki berharap agar semua berjalan dengan aman dan lancar.

"Semoga calon jamaah haji asal Riau tahun ini berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. Diberikan kesehatan dan bisa kembali ke Provinsi Riau," pungkas Oki.

 

 

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index