Disdik Pekanbaru Libatkan 3 OPD Dalam PPDB Tahun ini

Disdik Pekanbaru Libatkan 3 OPD Dalam PPDB Tahun ini
Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Abdul Jamal

Riauaktual.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, bersiap dalam penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024/2025. Disdik mempersiapkan agar PPDB tahun ini bisa berjalan baik dan lancar.

Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, pada PPDB tahun ini pihaknya menggandeng sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan seluruh jalur PPDB Riau khususnya di Kota Pekanbaru.

"Untuk PPDB tahun ini kita bekerjasama dengan lintas OPD. Tahun ini ada empat jalur PPDB," kata Abdul Jamal, Minggu (28/4).

Ia menuturkan, ada empat jalur penerimaan dalam PPDB tahun ini. Empat jalur itu yakni jalur zonasi yaitu calon peserta didik yang tinggal dekat dengan lingkungan sekolah. Jalur afirmasi bagi calon peserta didik yang kurang mampu dari segi ekonomi.

Jalur lainnya yakni jalur prestasi bagi calon peserta didik yang berprestasi di bidang akademik dan non akademik. Kemudian terdapat jalur pindah orangtua bagi calon peserta didik yang ikut orangtua pindah tugas.

Untuk meminimalisir kendala dalam setiap jalur PPDB tersebut, maka pihaknya menggandeng beberapa OPD. Disdik berkordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru untuk jalur zonasi.

Kemudian, untuk jalur afirmasi Disdik Pekanbaru menggandeng Dinas Sosial Kota Pekanbaru.

"Kita juga bekerjasama dengan Diskominfo Pekanbaru untuk memastikan jaringan optimal selama PPDB, sebab pendaftaran secara online," terang Jamal.

Jamal menyebut bahwa pada PPDB kali ini pihaknya bekerjasama dengan tiga OPD. Ia menyebut hingga saat ini belum ada perubahan jalur penerimaan dalam PPDB yang bakal berlangsung pada awal Juli 2024 mendatang.

"Kalau jalur masih empat jalur, belum ada perubahan. Pendaftaran di SD dan SMP juga online," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index