Harga Pangan Berangsur Turun, Angka Inflasi di Pekanbaru Rendah

Harga Pangan Berangsur Turun, Angka Inflasi di Pekanbaru Rendah
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution

Riauaktual.com - Angka inflasi Kota Pekanbaru secara umum pada Maret 2024 ini yakni 0,66. Sedangkan inflasi dari tahun ke tahun mencapai 2,86.

"Angka inflasi ini paling rendah di Riau, apabila dibandingkan dengan daerah lainnya di Riau," kata Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Rabu (3/4).

Indra memastikan bahwa angka inflasi saat ini masih terkendali. Harga bahan pangan juga sudah berangsur turun setelah sempat melonjak di awal bulan Ramadhan.

"Jadi angka inflasi kita masih di bawah nasional, namun demikian kita tetap ambil langkah antisipasi," terang Indra Pomi.

Menurutnya, ada sejumlah komoditi pangan menjadi penyumbang inflasi pada awal bulan April 2024. Kondisi itu seiring mendekati momen perayaan Idul Fitri 1445 H pada pekan depan.

"Potensi penyumbang inflasi tidak cuma beras dan cabai merah, tapi juga bahan untuk makanan lebaran," jelasnya.

Indra menambahkan sayuran juga menjadi penyumbang inflasi jelang Idul Fitri ini. Ia menyebut bahwa Tim Satgas Pangan dan Tim Pengendali Inflasi Daerah Kota harus mengantisipasi hal itu.

"Kita sampaikan agar nantinya ada gerakan pangan murah yang digelar disperindag maupun disketapang," ungkapnya.

Indra menambahkan bahwa Tim Satgas Pangan bakal memeriksa pasokan bahan pangan di distributor. Ia menilai hal itu sebagai upaya mencegah distributor nakal yang menimbun bahan pangan. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index