Pemko Pekanbaru Segera Salurkan Dana Hibah Pilkada 2024

Pemko Pekanbaru Segera Salurkan Dana Hibah Pilkada 2024
Asisten I Setdako Pekanbaru, Masykur Tarmizi

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, segera menyalurkan dana hibah untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. Total anggaran disiapkan mencapai puluhan miliar untuk Pilkada yang bakal berlangsung pada akhir tahun ini. 

Rencananya, Pemko mulai menyalurkan dana hibah ini mulai Bulan Juli 2024 mendatang. Dana hibah ini dikucurkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), TNI, dan Polri. 

"Direktur Jenderal Keuangan Daerah Kemendagri menggelar rapat terkait Pendanaan Pilkada. Pada intinya, Kemendagri ingin memastikan pemerintah kabupaten dan kota sudah menganggarkan dana hibah untuk pelaksanan Pilkada," kata Asisten I Setdako Pekanbaru Masykur Tarmizi, Rabu (20/3). 

Masykur menjelaskan, Pemko Pekanbaru sudah menyalurkan dana hibah tahap pertama pada 28 Desember 2023 kemarin. Dana hibah Pilkada yang disalurkan sebesar 40 persen dari total alokasi untuk KPU dan Bawaslu. 

"Dana hibah tahap kedua akan kami kucurkan pada 10 Juli 2024. Kami akan laporkan ke pimpinan untuk pengucuran dana Pilkada ini sesuai Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bagi KPU dan Bawaslu, termasuk untuk TNI dan Polri," terang Masykur. 

Ia menyebut, sementara total dana hibah untuk KPU sebesar Rp56 miliar. Kemudian, total dana hibah untuk Bawaslu sebesar Rp20 miliar. 

"Pada tahap pertama, kami sudah menyalurkan Rp22 miliar bagi KPU. Kemudian, dana hibah bagi Bawaslu Rp8 miliar," jelas Masykur. 

Kemudian, ada juga dana hibah untuk Polri sebesar Rp7,8 miliar. Sedangkan dana hibah untuk TNI juga disalurkan sebesar Rp1,5 miliar. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index