Jamin Ketersediaan Bahan Pokok, Disperindag Pekanbaru Jalin Kerjasama Dengan Kampar

Jamin Ketersediaan Bahan Pokok, Disperindag Pekanbaru Jalin Kerjasama Dengan Kampar
Kepala Disperindag Pekanbaru, Zulhelmi Arifin menandatangani MoU dengan Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kampar

Riauaktual.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, tandatangani MoU kerjasama dalam bidang perdagangan dengan Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Kampar, Selasa (13/2/2024). 

Salah satu yang dikerjasamakan adalah dalam hal meteorologi untuk alat tera mengatur standar timbangan. Kedua belah pihak nantinya bisa saling pinjam alat tera dan pengawasan bersama. 

"Karena sudah ada MoU sebelumnya, tadi kita tandatangan kerjasamanya. Dengan daerah Pekansikawan," kata Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin. 

Menurutnya, ada beberapa hal yang dikerjasamakan dalam bidang perdagangan. Terutama dalam upaya pengendalian inflasi, dan menjamin ketersediaan bahan pokok dari daerah penghasil. 

Pria yang akrab disapa Ami ini memberi contoh, pasokan ayam potong di Pekanbaru 85 persen didatangkan dari daerah Kabupaten Kampar dan Pelalawan. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan bisa saling berkomunikasi dan menjamin ketersediaan pasokan yang masuk. 

"Dari informasi yang kami dapat dari pedagang, jadi kandang besarnya itu di sana. Jadi dengan kerjasama kita harapkan bisa lakukan pengawasan sampai ke hulu nya," terang Ami. 

Mereka juga mengantisipasi lonjakan harga jelang masuknya Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idulfitri. Karena Pekanbaru sendiri bukan daerah penghasil dan Ami menilai, harus banyak kolaborasi dengan berbagai pihak lainnya. 

"Pekanbaru ini kota jasa, dan bagaimana kita bisa menjaga suplay dan rangkai pasok jangan terlalu banyak. Karena kalau terlalu banyak sampai ke pasar itu harga sudah mahal," ungkapnya. 

Pihaknya tetap melakukan evaluasi terhadap kerjasama yang telah dilakukan dengan berbagai daerah sebelumnya. Dia berharap ke depan pendataan kebutuhan pokok bisa lebih valid untuk memenuhi kebutuhan pasokan di Pekanbaru.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index