Masa Tenang, Polres Rohil Bantu  Tertibkan APK Peserta Pemilu 2024

Masa Tenang, Polres Rohil Bantu  Tertibkan APK Peserta Pemilu 2024
Rapat persiapan penertiban APK Pemilu 2024 di Media Center Kantor Bawaslu Rohil, Jumat (9/2/2024). (dok: Polres Rohil)

Riauaktual.com - Polres Rokan Hilir (Rohil) membantu menertibkan alat peraga kampanye (APK) peserta Pemilu 2024. Penertiban dilakukan karena sudah masuk masa tenang jelang pencoblosan, Rabu 14 Februari 2024.

Kapolres Rohil, AKBP Andrian Pramudianto mengatakan, pihaknya siap mem-backup Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

"Kami siap membantu dalam pelaksanaan penertiban APK peserta pemilu. Sifatnya hanya mem-backup tugas Bawaslu dan Satpol PP," ujar Andrian, Sabtu (10/2/2024).

Hal itu sudah dibahas dalam rapat persiapan penertiban APK Pemilu 2024 di Media Center Kantor Bawaslu Rohil, Jumat (9/2/2024). Rapat dihadiri pihak Polres Rohil, Bawaslu, Kodim 0321/Rohil dan pemda.

Terpisah, Plt Kasi Humas Polres Rohil, Iptu Yulanda Alvaleri menambahkan,  Bawaslu telah diminta untuk mengajukan surat permohonan personel untuk melaksanakan penertiban.

"Polres membantu. Pelaksanaan penertiban APK itu menjadi tanggung jawab pihak Bawaslu  dan jajaran serta dari jajaran Satpol PP," ucapnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Rohil Zubaidah menyebut kampanye Pemilu 2024 terakhir dilaksanakan Sabtu ini.  Setelah itu, semua APK peserta pemilu harus ditertibkan.

Masa tenang dijadwalkan digelar selama tiga hari, yakni pada 11, 12, dan 13 Februari 2024. "Semua alat peraga harus ditertibkan pada hari itu," kata dia.

Zubaidah mengharapkan kepada Dinas Perhubungan menertibkan branding caleg dan capres yang ada di kendaraan bermotor. Bawaslu juga menyurati partai politik agar menurunkan APK mereka.

#PEMILU

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

POLISI PEMILU

Index

Berita Lainnya

Index