Hotspot di Sumatera Meningkat Tajam

Hotspot di Sumatera Meningkat Tajam
ilustrasi

PEKANBARU (RA - Jumlah titik panas atau hotspot di Pulau Sumatera meningkat tajam, Kamis (25/2) sore. Hasil penghitungan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, ada 43 hotspot yang menyebar di lima provinsi.

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin, mengatakan, ada lima provinsi terdeteksi hotspot via satelit Terra dan Aqua, yakni Bengkulu dan Lampung dengan masing-masing dua hotspot, Sumut dan Riau masing-masing 12 hotspot dan Aceh dengan 15 hotspot.

Khusus di Riau, 12 titik panas atau hotspot ini menyebar di Kepulauan Meranti satu titik panas, Pelalawan satu titik panas, Siak dua titik panas dan Bengkalis delapan titik panas. "Ini meningkat bila dibanding beberapa hari sebelumnya," ungkapnya, Jum'at (26/2/2016).

Lalu untuk titik api, satelit juga menemukan ada 11 titik api atau firespot. "Di Kepulauan Meranti satu, Pelalawan satu, di Siak ada dua titik api dan paling banyak di Bengkalis, tujuh titik api dengan level confidence (kepercayaan) di atas 70 persen," terangnya.

"Pada umumnya cuaca di wilayah Riau cerah hingga berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tidak merata terjadi di wilayah Riau bagian selatan dan timur pada sore atau malam hari," pungkas Sugarin.

 

Laporan : RR

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index