Current Date: Selasa, 27 Februari 2024

Baznas Siak Kumpulkan Rp1,350 Miliar Donasi Masyarakat Untuk Palestina, Tertinggi di Indonesia

Baznas Siak Kumpulkan Rp1,350 Miliar Donasi Masyarakat Untuk Palestina, Tertinggi di Indonesia
Baznas Siak Kumpulkan Rp1,350 Miliar Donasi Masyarakat Untuk Palestina

Riauaktual.com - Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Siak mengumpulkan donasi kemanusiaan untuk Palestina tahap pertama Rp1.350.000.000 Miliar. Sampai saat ini, jumlah tersebut tertinggi di Provinsi Riau bahkan se Indonesia.

Ketua Baznas Siak Samparis mengatakan, uang sebanyak itu terkumpul sejak 18 Oktober - 10 November 2023 dalam sebuah program penggalangan dana bertajuk "Membasuh Luka Palestina".

"Alhamdulillah, sampai hari ini donasi terbesar dan tertinggi se Indonesia, dari Baznas Siak," ungkap Samparis dihubungi Riauaktual.com melalui telpon seluler di Jakarta, Minggu (12/11/2023).

Samparis menyebutkan, jumlah uang itu sumbangan dari berbagai sumber. Diantaranya dari BUMD Siak, perusahaan, institusi, organisasi keagamaan, organisasi pendidikan, lembaga masyarakat, dan yang paling terbesar dari masyarakat Kabupaten Siak.

"Alhamdulillah, uang itu telah kita diserahkan bersama pak bupati Alfedri langsung ke pimpanan Baznas RI Kh H Achmad Sutrajat, Lc., MA,  pagi tadi, di kantor Baznas pusat Jakarta," terang ketua Baznas Siak yang bersahaja itu.

Samparis berharap, dengan uang sebesar itu bisa meringankan penderitaan warga Palestina atas kebiadaban Israel.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Siak atas kepeduliannya kepada saudara-saudara kita yang ada di Palestina. Semoga sedekah warga Siak ini dicatat Allah SWT sebagai amal jariyah," ujarnya.

Samparis menegaskan, untuk tidak ragu membantu rakyat Palestina yang sampai saat ini masih mendapat serangan dari Israel.

"Bahkan pak bupati Alfedri gelombang kedua nanti menyumbangkan uang pribadinya Rp10 juta. Jadi, Jangan bimbang dan jangan ragu untuk membantu Palestina, karena tanah ini merupakan tanah yang dimuliakan oleh Allah SWT dan diberkahi sekelilingnya termasuk kita yang membantu perjuangan Palestina," ujarnya.

"InsyaAllah kita akan kembali membuka donasi pada Senin besok sampai akhir November. Mudah-mudahan di akhir November mencapai target minimal yaitu Rp750 juta," tambahnya.

Bupati Siak Alfedri menambahkan, pada pengumpulan donasi gelombang kedua yang kembali dibuka oleh Baznas Siak akan menggerakkan seluruh PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak untuk ikut berdonasi.

"Terutama saya mengucapkan terima tak terhingga kepada masyarakat Siak yang telah mau membantu saudara kita di Palestina. Ini hal yang sangat membanggakan daerah kita, kedepannya saya menghimbau langsung seluruh PNS agar ikut berdonasi juga," kata Alfedri.

Alfedri menegaskan, sudah saatnya bagi umat Islam di Indonesia untuk saling menguatkan sesama di Palestina, apalagi rakyat di Palestina dalam situasi dan kondisi yang sangat memprihatinkan.

"Kekejaman Israel ini telah memakan korban meninggal mencapai 11 ribu jiwa. Tak hanya itu, rumah sakit pun diserang, ini bukan perang konvensional biasa, tapi dari sisi kemanusiaannya patut mendapat perhatian kita semua," tegas Alfedri.

"Banyak anak-anak yang menjadi korban yang kadang saya sendiri tidak sanggup untuk melihatnya. Begitulah tentunya yang hari-hari ini dilalui saudara kita sesama Muslim yang ada di Palestina," tambahnya.

Alfedri mengapresiasi Baznas Siak dalam pengumpulan dan penyaluran donasi rakyat Palestina tembus di angka miliaran rupiah.

"Alhamdulillah, mudah-mudahan di tahap kedua nanti jumlahnya lebih banyak lagi. Mudah-mudahan ikhtiar dari ketua Baznas Siak mendapat kemudahan, sehingga bantuan tersebut sampai ke saudara-saudara kita di Palestina," pungkasnya. (Infotorial)

#Siak

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index