Current Date: Selasa, 27 Februari 2024

Sekretaris Bappeda Rohul, Febri Ferika,SP, Wakili Sekda Rohul Buka Sosialisasi Persiapan IID dan IGA Rohul Tahun 2023

Sekretaris Bappeda Rohul, Febri Ferika,SP, Wakili Sekda Rohul Buka Sosialisasi Persiapan IID dan IGA Rohul Tahun 2023
Sekretaris Bappeda Rohul, Febri Ferika,SP,

Riauaktual.com - Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rohul, Febri Ferika, SP, mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hulu, Muhammad Zaki, S.STP,M.Si, secara resmi membuka sosialisasi persiapan penilaian Indeks Inovasi Daerah (IID) dan pemberian penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2023 untuk Kabupaten Rokan Hulu. Acara ini berlangsung di aula Bappeda Rokan Hulu pada Rabu, 7 Juni 2023, dan dihadiri oleh perwakilan Dinas, Puskesmas, dan Kecamatan se-kabupaten Rokan Hulu.

Sekda Rohul, yang diwakili oleh Sekretaris Bappeda Febri Ferika, SP, dalam sambutannya menjelaskan bahwa pemerintah diwajibkan untuk melaporkan Inovasi Daerah kepada Menteri Dalam Negeri. Penilaian Indeks Inovasi Daerah (IID) adalah sistem pengukuran dan penilaian terhadap penerapan pembaharuan dan inovasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah Pasal 388 ayat (7) dan Pasal 22 ayat (1) dan (2) Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah.

Sementara itu, Innovative Government Award (IGA) adalah penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri sebagai pengakuan terhadap penilaian Indeks Inovasi Daerah. Kementerian Dalam Negeri, melalui Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri, diberi mandat untuk melaksanakan Penilaian Inovasi Daerah sebagai salah satu Program Prioritas Kementerian Dalam Negeri tahun 2023.

Sekda Rohul berharap bahwa kegiatan penilaian inovasi daerah ini dapat mendorong kompetisi positif antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, serta memotivasi pemerintah daerah untuk meningkatkan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Ini juga diharapkan akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan, serta kesejahteraan rakyat.

Selain itu, Febri Ferika, SP, menyampaikan bahwa proses pengisian data pada Indeks Inovasi Daerah dimulai pada bulan Mei dan berlangsung hingga 7 Juli 2023 pukul 23.59 WIB. Inovasi daerah yang dilaporkan harus telah diterapkan sejak 1 Januari 2021 hingga 31 Desember 2022.

Sekda Rohul, yang diwakili oleh Sekretaris Bappeda, berharap bahwa sosialisasi ini akan berkontribusi pada pengembangan inovasi daerah di Kabupaten Rokan Hulu, karena pemenang dalam Penilaian IID berpeluang mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID). Ia juga mengajak semua peserta sosialisasi untuk mengikuti kegiatan ini sampai selesai. (ADV)

#Pemkab Rokan Hulu

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index