Antara Teh Celup vs Teh Tubruk, Mana yang Lebih Baik Kualitasnya?

Antara Teh Celup vs Teh Tubruk, Mana yang Lebih Baik Kualitasnya?
Teh celup versus teh tubruk, (Foto: Azerbaijan_stock/Freepik)

Riauaktual.com - Teh jadi salah satu jenis minuman yang paling populer dikonsumsi banyak orang di berbagai belahan dunia, termasuk masyarakat Indonesia.

Ada dua jenis teh yang dijual di pasaran, teh kantung atau teh celup dan teh tubruk. Punya visual yang berbeda, kedua jenis teh ini dapat terlihat jelas jika keduanya sangat berbeda.

Teh celup terlihat dikemas di dalam kantung khusus yang telah diukur untuk menyeduh satu cangkir teh dengan cepat. Sementara teh tubruk merupakan kumpulan daun teh yang dikemas dalam bentuk besar. Ketika ingin membuat secangkir teh, maka kita harus menakar teh sendiri.

Sama-sama nikmat dan menawarkan cita rasanya tersendiri, namun secara kualitas sebetulnya di antara teh kantung versus teh tubruk, manakah yang punya kualitas lebih baik?

Mengutip Real Simple, Rabu (13/9/2023) teh kantung sering disebut, dianggap memiliki kualitas teh yang rendah, namun Sara Martinelli, dari Boulder Dushanbe Teahouse di Boulder menyebut jika teh kantung memiliki kualitas yang baik. Kualitas teh dalam kantung dan teh tubruk nyatanya keduanya sama-sama baik.

“Baik daun dalam kantung dan teh tubruk dapat dibuat dari teh berkualitas, jadi pilihannya benar-benar lebih berkaitan dengan preferensi 'gaya' menyiapkan," kata Martinelli.

Martinelli mencontohkan, ia lebih memilih menggunakan teh dalam bentuk kantung untuk dibawa bepergian agar lebih efisiensi. Sementara kala sedang santai, Sara mengaku lebih senang untuk membuat teh tubruk.

“Sama-sama bisa disentuh, dilihat, dan dicium daunnya, baik dalam bentuk kering maupun basah. Ritual menyeduh cangkir yang sempurna dapat menjadi santai dan kontemplatif, belum lagi kemampuan untuk membuat secangkir teh yang sangat sesuai dengan preferensi pribadi masing-masing orang,” jelas Martinelli lagi.

Jadi, Martinelli menegaskan bahwa jenis teh tertentu tidak menurunkan khasiat atau manfaatnya. Jika yang dipilih memang teh berkualitas tinggi, tidak peduli itu kantung atau tubruk.

"Saat ini ada banyak teh berkualitas tinggi dan campuran herbal yang dikemas dalam bentuk kantung teh, jadi mengonsumsi teh celup tidak boleh dianggap sebagai  minum teh yang 'buruk'," pungkas Martinelli.

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index