Gubri Syamsuar Ingatkan Seluruh Kepala Daerah Cermati 4 Isu Penting Nasional

Gubri Syamsuar Ingatkan Seluruh Kepala Daerah Cermati 4 Isu Penting Nasional
Gubernur Riau Syamsuar

Riauaktual.com - Gubernur Riau Syamsuar mengingatkan seluruh bupati dan walikota di Riau untuk mencermati 4 isu penting nasional.

Keempat isu penting nasional ini, kata Syamsuar juga sudah ditekankan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar dipercepat upaya penangannya.

Adapun keemat isu penting nasional tersebut yakni percepatan penurunan angka stunting atau gagal tumbuh anak, kemiskinan ekstrem yang kian jadi sorotan.

Lalu, soal angka inflasi di daerah yang juga jadi fokus perhatian Presiden, dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) termasuk di Riau yang tak luput masuk dalam isu penting nasional di tahun ini.

“Ini menjadi isu penting nasional yang memang harus jadi perhatian semua kepala daerah, baik provinsi maupun kabupaten kota,” kata Syamsuar usai lantik Pj Walikota dan Bupati Kampar, di Pekanbaru, Selasa (23/5/2023)

“Kemiskinan ekstrem harus terus diupayakan untuk diturunkan. Stunting juga sama, masih ada 3 daerah di Riau dengan catatan angka stunting tinggi. Inflasi juga begitu. Termasuk Karhutla, karena sekarang Riau sudah dihadapkan pada musim kemarau,” tutur Syamsuar.

Syamsuar menyebut, khusus untuk penanganan Karhutla, dia menekankan kepada seluruh kepala daerah di Riau untuk saling berkoordinasi, terutama dalam upaya pencegahan dan penanganan.

“Kita semua khawatir, sekarang musim kemarau saat ini adalah musim kemarau kering bahkan diperkirakan sampai Oktober,” tuturnya.

“Termasuk sekarang ada perubahan iklim yang mana suhu panas sangat tinggi. Karena itu perlu ada kerjasama untuk penangannya,” sebut Syamsuar. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index