Langkah Pencegahan Penyakit Sifilis

Langkah Pencegahan Penyakit Sifilis
Ilustrasi

Riauaktual.com - Penyakit Sifilis adalah infeksi bakteri yang menyebar melalui kontak seksual dan biasanya menyebabkan luka tanpa rasa nyeri pada alat kelamin, anus, atau mulut.

Penyebaran penyakit Sifilis bisa terjadi melalui kontak kulit atau selaput lendir dengan luka, serta dapat ditularkan dari ibu ke anak selama kehamilan.

Lalu, bagaimana cara untuk mencegah Penyakit Sifilis?

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, dr Agrina Melia MKes menjelaskan bahwa pencegahan penyakit sifilis adalah dengan berhubungan seksual yang aman.

"Langkah pencegahan penyakit sifilis adalah dengan tidak berhubungan sex berganti-ganti pasangan dan memakai kondom saat berhubungan sex," kata Melia, Minggu (13/5/2023).

Selain itu, dr Melia mengimbau agar masyarakat melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi dini dan mencegah penyebaran.

"Penanganan sifilis akan lebih baik jika didiagnosis sedini mungkin. Sehingga kami mengimbau masyarakat melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi dini," imbaunya.

Diberitakan sebelumnya, kasus sifilis di Riau sepanjang Januari-Mei 2023, mencapai 122 kasus. Dilihat dari penyebarannya, kasus sifilis paling banyak ditemukan di Kota Dumai mencapai 43 kasus pada periode Januari-Mei 2023.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index