Mumi Bocah 1.000 Tahun Ditemukan

Mumi Bocah 1.000 Tahun Ditemukan
mumi bocah 1.000 tahun di peru. ©AFP

Riauaktual.com - Arkeolog menemukan mumi bocah berusia sekitar 1.000 tahun di pinggiran Ibu Kota Lima, Peru, kemarin.

Mumi itu diyakini adalah seorang bocah berusia 12-13 tahun yang hidup sekitar 900-1.100 tahun silam dan kemungkinan berasal dari suku Lima atau Ichma, kata arkeolog Yomira Huaman yang mengepalai proyek penelitian yang bekerja sama dengan Universitas Nasional Mayor de San Marcos.

Mumi itu ditemukan di sebuah makam bawah tanah, terbungkus oleh kain kafan bersama sejumlah barang keramik, tali, dan benda lainnya.

Dilansir laman USA Today, Kamis (27/4), menurut Huaman, pasir kuarsa yang berada di kawasan itu mengandung kadar garam tinggi sehingga membuat proses mumifikasi terjadi secara alami.

Bagian tangan, lengan, serta kakinya masih terdapat kulit. Bagian kepalanya yang terpisah dari tubuhnya masih menyisakan rambut dan sebagian giginya masih utuh.

Jagung dan cabai

Mumi itu ditemukan sekitar 200 meter dari lokasi mumi pertama ditemukan di Cajamarquilla tahun lalu, kata Huaman.

Para peneliti menemukan sejumlah benda lain di samping makam bocah itu, termasuk sebuah senjata batu, piring, jarum tembaga, kain, serta sisa tanaman seperti jagung dan cabai.

Mumi itu akan terus dianalisis untuk mengetahui informasi apa saja yang dilakukan bocah itu ketika hidup dan apa yang menyebabkan dia meninggal.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index