Akibat Abrasi Sungai Indragiri, Lima Titik Jalan di Riau Alami Longsor

Akibat Abrasi Sungai Indragiri, Lima Titik Jalan di Riau Alami Longsor
Satlantas Polres Indragiri Hulu memasang garis polisi dan sejumlah ramvu peringatan di lokasi jalan longsor.

RRiauaktual.com - Abrasi Sungai Indragiri di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau, membuat lima titik diruas jalan penghubung kabupaten yang longsor akibat abrasi antara Desa Air Molek ke Desa Japura, Kecamatan Lirik.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Indragiri Hulu, AKBP Dody Wirawijaya saat dikonfirmasi Riauaktual.com melalui Kasat Lantas, AKP Rocky Junasmi, Selasa (18/4/2023).

"Kondisi jalan longsor akibat abrasi Sungai Indragiri di Desa Petalongan dan Desa Lembah, Dusun Gading, Kecamatan Pasir Penyu," kata AKP Rocky.

AKP Rocky menjelaskan, kejadian longsor akibat abrasi tersebut telah terjadi beberapa waktu yang laludan telah dilakukan inventarisasi oleh pemerintah daerah untuk memindahkan jalan tersebut.

"Kondisi badan jalan tersebut saat ini hanya tersisa 1 meter aspal dan bahu jalan, serta lahan kebun masyarakat sebagai alternatif untuk melintas," ungkap AKP Rocky.

Dikatakan AKP Rocky, bahwa jalan tersebut menghubungkan beberapa desa di Kecamatan Lirik dan Kecamatan Pasir Penyu, sehingga ruas jalan tersebut sangat vital menjadi jalur utama masyatakat tempatan.

"Kita sudah memasang rambu peringatan dari kedua arah lalu lintas tentang terjadinya jalan longsor akibat abrasi. Juga melakukan pengamanan jalur jalan oleh pihak kepolisian agar tidak terjadi laka lantas," jelasnya.

Dirinya juga menghimbau, agar pengendara yang melintasi jalan tersebut terutama roda empat atau lebih untuk menghindari jalur tersebut karena beresiko longsor atau abrasi susulan.

"Kita juga mencegah agar masyarakat tidak berkerumun di lokasi longsor untuk menghindari kecelakaan lalu lintas dan terjatuh ke bibir sungai," tutupnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index