PUPR Kota Pekanbaru Targetkan Perbaiki Sebanyak 23 Titik Jalan Rusak Jelang Idul Fitri

PUPR Kota Pekanbaru Targetkan Perbaiki Sebanyak 23 Titik Jalan Rusak Jelang Idul Fitri
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah

Riauaktual.com - Jelang lebaran tahun 2023, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru akan memperbaiki 23 titik jalan rusak.

"Kita akan gesa perbaikan jalan jelang Lebaran, ada sekitar 23 titik jalan," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah, Senin (15/3/2023).

Ia mengatakan puluhan titik ini akan diperbaiki secara tambal sulam. Bahkan jalan yang direncanakan akan dilapis ulang juga ikut ditambal sulam jelang lebaran ini.

"Rencana menjelang lebaran ini ada 23 titik, itu termasuk Jalan Parit Indah arah ke belakang. Kita akan tanggulangi dulu sebelum overlay," jelasnya.

Dikatakan Edu sapaan akrabnya, jalan Parit Indah akan diperbaiki sementara dengan cara tambal sulam. Jika bantuan keuangan (bankeu) dari provinsi sudah turun, pihaknya akan segera melakukan lelang dengan 6 ruas jalan lainnya.

"Kalau untuk Jalan Parit Indah, setelah Bankeu dari provinsi masuk, kita langsung proses lelang, sama prosesnya dengan jalan-jalan lainnya," sebutnya.

Lanjut Edu, ada 7 ruas jalan yang akan dilakukan overlay pada tahun ini. Empat ruas jalan yakni Parit Indah, Firdaus, Tanjung, dan Pemuda, diperbaiki menggunakan bankeu dari Provinsi Riau. Sementara Jalan Suka Karya, Delima dan Dahlia menggunakan anggaran dari Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Mudah-mudahan untuk Bankeu bisa segera turun sehingga bisa langsung kita tindaklanjuti," pungkasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan, di 2023 ini pemerintah kota mengalokasikan anggaran sebesar Rp20 miliar untuk perbaikan jalan rusak dengan sistem tambal sulam dan overlay.

"Anggaran ada kenaikan sedikit, sekitar Rp20 miliar. Ini juga termasuk untuk pasukan kuning," ungkapnya.

Sesuai target, ada 200 titik jalan rusak yang jadi target perbaikan pada tahun ini. Per triwulannya, ditargetkan perbaikan jalan rusak bisa mencapai 50 titik.

"Jadi, per triwulan itu kita targetkan perbaiki 50 titik dari total 200 titik ruas jalan rusak yang harus dilakukan perbaikan tambal sulam di 2023 ini" ujarnya.

Lebih jauh disampaikan Indra, di Kota Pekanbaru ada 1.946 ruas jalan dengan total panjang 1.277 kilometer yang menjadi kewenangan pemerintah kota. Dari jumlah itu, sekitar 74,5 persen dalam kondisi baik. Sementara jalan dalam kondisi rusak berat itu di angka 25 persen lebih.

"Jalan dalam kondisi mantap ini sudah sangat tinggi dibandingkan rata-rata nasional itu hanya 60 persen saja," pungkasnya

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index