Harga Bawang Putih Merangkak Naik, Distributor Pekanbaru Dilarang Suplai ke Luar Daerah

Harga Bawang Putih Merangkak Naik, Distributor Pekanbaru Dilarang Suplai ke Luar Daerah
Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution

Riauaktual.com - Harga bawang putih di pasaran perlahan mengalami kenaikan jelang Ramadhan di Kota Pekanbaru. Saat ini, harga bawang putih mencapai rata-rata Rp38 ribu perkilogram. Dengan tingkat kenaikan harga antara Rp3 ribu hingga Rp6 ribu perkilogram dari harga semula.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, kenaikan harga ini kemungkinan dikarenakan sudah bermula dari negara eksportir. Pasalnya, bawang putih merupakan komoditas yang masih diimpor oleh Indonesia.

"Kenaikan harga bawang putih memang terjadi, mungkin karena sudah dari luar negeri harganya naik. Karena bawang putih sampai saat ini kita masih impor," kata Indra Pomi, Selasa (14/3/2023).

Meskipun demikian, menurutnya Pemko Pekanbaru akan melakukan koordinasi kepada distributor di Kota Pekanbaru agar tidak mendistribusikan atau menyuplai bawang putih atau mengekspornya ke luar daerah Riau. Sehingga kebutuhan bawang putih di Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau bisa tercukupi.

"Kita akan minta distributor agar tidak mendistribusikan bawang putih ini keluar daerah dulu, sebelum kebutuhan di Riau cukup, khususnya Pekanbaru. Mudah-mudahan harganya bisa segera stabil," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index