Dilengkapi Video dan Teks, Kemenag Riau Luncurkan Aplikasi Manasih Haji dan Umroh

Dilengkapi Video dan Teks, Kemenag Riau Luncurkan Aplikasi Manasih Haji dan Umroh
Ilustrasi

Riauaktual.com - Kanwil Kemenag Provinsi Riau akan meluncurkan aplikasi yang diberinama Sistem Informasi Manasik Haji dan Umroh (Simaho). 

Aplikasi ini bisa diakses untuk masyarakat umum. Tidak hanya bagi calon jamaah haji saja. Sebab untuk mengakses aplikasi ini cukup menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Untuk masuk ke usernya kita gunakan nomor KTP saja. Jadi tidak hanya untuk masyarakat Riau saja, ini bisa diakses secara nasional," kata Kepala Bidang Haji, Kanwil Kemenag Riau, Syahrudin, Sabtu (11/3/2023).

Syahrudin menjelaskan dalam aplikasi ini terdapat berbagai informasi soal manasik haji dan Umroh. Tidak hanya berbentuk video namun juga berbentuk teks.

"Diaplikasi Simaho ini ada fitur yang menampilkan video manasik haji dan manasik Umroh. Ada juga yang berbentuk teks," katanya. 

Selain itu, dalam aplikasi ini juga ada fitur simulasi yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk mengetahui dan mengetes sudah sejauh mana orang tersebut memahami tatacara manasik haji dan Umroh. 

"Semacam evaluasi, jadi mereka bisa menguji kemampuan manasik nya lewat aplikasi ini, kira-kira seperti try out orang yang mau ujian lah," ujarnya. 

Dalam aplikasi ini, juga dilengkapi dengan doa-doa yang berkaitan dengan pelaksanaan haji.

"Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk pelaporan oleh pihak kecamatan dan kabupaten yang sudah melaksanakan manasik haji. Berapa peserta nya, siapa narasumber, apa saja materi nya, itu nanti bisa dilaporkan lewat aplikasi Simaho," katanya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index