Berikut 8 Tips Mengajarkan Kebaikan pada Anak, Yuk Ayah Bunda Coba!

Berikut 8 Tips Mengajarkan Kebaikan pada Anak, Yuk Ayah Bunda Coba!
Tips mengajarkan nilai kebaikan pada anak, (Foto: Freepik)

Riauaktual.com - SETIAP orangtua pasti mengharapkan anak-anaknya bisa tumbuh menjadi anak yang baik. Tumbuh menjadi manusia yang punya rasa empati dan simpati, serta tak ragu untuk mau menolong siapapun yang membutuhkan.

Mendidik anak untuk menjadi anak baik, susah-susah gampang memang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengajarkan kebaikan pada anak, yang idealnya dididik alias diajarkan sejak dini.

Bagaimana kiat, tips yang harus dilakukan orang tua dalam mengajarkan kebaikan pada anak? Melansir Times of India, Minggu (26/2/2023), berikut ulasan singkat delapan tips mengajarkan kebaikan pada anak.

1. Buat anak-anak paha apa arti kebaikan, dengan memberikan contoh langsung. Artinya orang tua jangan hanya sekedar berteori saja.

2.Semangati, dorong anak untuk berpikir situasi di mana mereka bisa bersikap mel;kukan sesautu hal yang baik.

3. Biasakan perlihatkan langsung perilaku kebaikan di rumah, anak-anak bisa langsung melihat dan mempelajarinya langsung dengan mata kepalanya sendiri. Anak akan menyerap dengan sendiri apa yang terbiasa ia lihat di rumah sehari-hari.

3. Mulai dari contoh yang sederhana, dimulai dari keluarga sendri. Misalnya, membantu kakak atau adiknya, atau membantu orang tua untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

4. Ajarkan pada anak jangan berharap sesuatu dari menunjukkan perilaku kebaikan.

5. Beri tahu anak bahwa semua orang itu, tanpa terkecuali, pantas mendapatkan kebaikan tanpa ada tindakan diskriminasi.

6. Biasakan dan ajarkan kata-kata, kalimat yang baik, perkataan yang baik dan dorong anak untuk lebih sering menggunakannya dalam berinteraksi dan bersikap sehari-hari.

7. Langsung koreksi anak ketika anak salah paham tentang konsep kebaikan.

8. Ajarkan anak untuk berempati dengan memberikan contoh langsung dari Anda, sebagai orang tua.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index