Curi Kotak Amal, Terduga ODGJ Diamankan Dinsos Pekanbaru

Curi Kotak Amal, Terduga ODGJ Diamankan Dinsos Pekanbaru
Dinsos Kota Pekanbaru bersama dengan Polresta Pekanbaru, mengamankan wanita terduga ODGJ

Riauaktual.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru bersama dengan Polresta Pekanbaru, mengamankan wanita terduga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang melakukan tindak kriminal pencurian kotak amal, Senin(20/2).

Wanita ODGJ ini dinamakan setelah aksinya viral di sejumlah media sosial (Medsos). Wanita yang kerap dipanggil Mimi ini melancarkan aksinya dengan mencuri kotak amal di berbagai kios, di daerah Kecamatan Sukajadi hingga Kecamatan Sail.

"Aksinya ini sudah beberapa kali dilakukan. Aksinya juga viral di medsos, kami bersama Polresta mengamankan wanita ini," kata Kepala Dinsos Kota Pekanbaru Idrus, Selasa (21/2).

Ia menuturkan, menurut laporan masyarakat, mimi juga sering menipu pengendara ojek online yang ia gunakan dengan tidak membayar ongkos.

Tim dari Dinsos Pekanbaru yang dipimpin Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Adriyani, bersama penyidik dari Polresta Pekanbaru mengamankan Mimi di kediamannya, Jalan Ahmad Yani Pasar Kodim.

"Sudah kita amankan, selanjutnya kita menunggu hasil observasi dari Rumah Sakit Jiwa untuk tindaklanjut kedepannya," terangnya.

Ia menambahkan, Informasi yang didapatkan setelah dilakukan assesment oleh pekerja sosial bahwasanya Mimi memiliki identitas Kabupaten Pasaman Barat, dan memiliki keluarga di Pasaman Barat.

"Saat ini kita tunggu hasil observasi Rumah Sakit Jiwa, jika yang bersangkutan terindikasi ODGJ, maka akan direhabilitasi kejiwaannya hingga sembuh," jelas Idrus.

Jika yang bersangkutan sudah sembuh, ditambahkan Idrus, akan dipulangkan ke daerah asalnya. Jika tidak ODGJ (modus) maka tindakannya melanggar hukum, selanjutnya akan diserahkan proses hukumnya kepada pihak kepolisian. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index