Pembangunan RLH Kerjasama Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan dan Baznas Diresmikan

Pembangunan RLH Kerjasama Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan dan Baznas Diresmikan

Riauaktual.com - Rumah Layak Huni (RLH) yang dibangun atas kerjasama Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Teluk Kuantan bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), rampung dan siap untuk dihuni.

RLH dibangun sebagai wujud reintegrasi sosial. Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Teluk Kuantan diberdayakan untuk melakukan pembangunan rumah dari tanah kosong sehingga menjadi bangunan kokoh dengan fondasi yang kuat.

"Seyogyanya proses reintegrasi sosial memang dilakukan sebagai ajang untuk WBP mengasah dan menunjukkan kebolehannya dalam bertukang dan bertanggungjawab dalam menyelesaikan bangunan hingga menjadi layak huni," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau Muhammad Jahari Sitepu, Jumat (10/2/2023).

Dengan berdirinya bangunan yang siap huni tersebut sekaligus membuktikan kepada masyarakat bahwa WBP layak dipercaya dan diandalkan. Meski pernah melakukan pelanggaran hukum, mereka telah menerima hukuman sesuai dengan Undang-Undang dan berhak mendapatkan kesempatan untuk membuka lembaran baru.

Jahari pun berharap para warga binaan ini nantinya dengan skil yang dimiliki dapat menjalani hidup yang lebih baik lagi sehingga tak perlu melanggar hukum untuk memenuhi perekonomian sehari-hari.

Pada 31 Januari 2023 lalu, rumah layak huni yang dibangun sebagai wujud reintegrasi sosial tersebut resmi diserahkan kepada penerima bantuan bernama Kasani (70), yang merupakan warga Dusun Perhentian Buayan Desa Jake, Teluk Kuantan.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby bersama Ketua Baznas Kuansing Husni Darmawan terjun langsung untuk menyerahkan rumah tersebut kepada pemilik barunya.

"Jika dihitung secara sistematis, sebenarnya rumah layak huni untuk masyarakat miskin tersebut rampung dalam kurun waktu 20 hari. Namun proses serah terima memang baru dilaksanakan sekarang karena menyesuaikan waktu dengan satu dan lain hal. Saya selaku Kepala Lapas merasa bangga sekaligus terharu dengan keberhasilan WBP dalam menyelesaikan bangunan ini," ucapnya.

"Saya berharap keberhasilan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri WBP sehingga tidak merasa minder ketika kembali berbaur dengan masyarakat nantinya. Dan, sekaligus dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja jajaran pada Lapas dan Rutan karena melakukan pembinaan secara optimal," sebut Bejo selaku Kepala Lapas Teluk Kuantan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index