Pantau Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023, Kapolresta Bagikan Helm Kepada Pengendara

Pantau Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023, Kapolresta Bagikan Helm Kepada Pengendara

Riauaktual.com - Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi, pantau langsung pelaksanaan Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023. Pria Budi turut didampingi Kasat Lantas Kompol Birgitta, dan membagikan helm gratis kepada pengendara yang melintas di Jalan Sisingamangaraja, Kamis (9/2/2023).

Saat menghampiri salah satu pengendara yang tidak pakai helm tersebut, sebelum memberikan helm Kapolresta memberikan pertanyaan seputar keselamatan berlalu lintas.

"Selamat pagi pak. Kami dari Polresta Pekanbaru hari ini melaksanakan Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023 sampai 20 Februari. Saya akan bagikan helm namun terlebih dahulu jawab pertanyaan saya,” kata Kapolresta.

“Pelanggaran apa yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas,” tanya Kapolresta.

“Melawan arus,” jawab pengendara tersebut.

“Betul. Bapak kami kasih helm ya. Selalu dipakai dalam berkendara, ya pak,” ucap Pria Budi.

Lebih lanjut dijelaskan Kapolresta, dengan pembagian helm tersebut dapat memberikan pemahaman kepada pengendara bahwa setiap berkendara wajib menggunakan helm dan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pengendara dalam berlalu lintas untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Hari ini kami laksanakan pembinaan dan pencegahan. Serta memberikan edukasi bahwa setiap kecelakaan lalu lintas diawali oleh pelanggaran,” sebutnya.

Dikatakan Kapolresta, selama pelaksanaan operasi keselamatan pelanggaran didominasi oleh tidak mengenakan helm. Meskipun tidak dilakukan penilangan polisi tetap melakukan penindakan dengan ETLE mobile.

“Masih banyak ditemukan masyarakat yang tidak mengenakan helm. Ini efek karena kami tidak melaksanakan tilang secara manual namun kami ingatkan bahwa tilang ETLE masih ada,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut sebanyak 30 Helm dibagikan kepada pengguna jalan khususnya yang tidak pakai Helm.

Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023 di Kota Pekanbaru berlangsung selama 14 hari, mulai 7-20 Februari 2023. Operasi ini dilaksanakan serentak oleh Polresta Pekanbaru dan Polsek jajaran.

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index