Atlet Siak Lawo XC Championship 2022 Dapat Santunan JKM Rp42 Juta dari BPJS Ketenagakerjaan

Atlet Siak Lawo XC Championship 2022 Dapat Santunan JKM Rp42 Juta dari BPJS Ketenagakerjaan

Riauaktual.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Siak memberikan klaim santunan Jaminan Kematian (JKM) kepada ahli waris atlet sepeda Siak Lawo XC Championship 2022 sebesar Rp42 juta.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Siak, Yori Pratama menjelaskan atlet tersebut bernama Jamarusin. Meninggal dunia karena sakit saat akan mengikuti pertandingan pada 16-18 Desember 2022 lalu.

"Klaim tersebut kita berikan kepada istri almarhum Susi Adriani langsung di rumahnya, Selasa kemaren. Saat penyaluran, juga didampingi ketua panitia Siak Lawo XC Championship, OK Rizky dan Sekretaris ISSI Saharudin," terang Yori ke Riauaktual.com, Rabu (8/2).

Yori mengatakan, Jamarusin terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan pada 16 Desember 20222. Artinya, baru menjadi peserta baru 5 hari.

Pengajuan klaim berkas lengkapnya 3 Februari, 2022. Dan dibayarkan 6 Februari tahun yang sama oleh panitia Siak Lawo XC Championship.

“Kami ikut belasungkawa kepada ahliwaris, juga ucapan terimaksih kepada panitia dan pengurus ISSI kabupaten Siak yang telah melindungi seluruh atlet kegiatan Siak Lawo XC Championship dalam program BPJS Ketenagakerjaan,” tuturnya.

Selain Jamarusin, seluruh atlet dan peserta pada kegiatan tersebut juga mendapat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan PP Jaminan Kematian (JKM) dengan iuran Rp 16.800 per orang. Sebelum kegiatano dimulai, seluruh peserta dan panitia telah terlindungi oleh program BPJS Ketenagakerjaan.

"Kita mengcover resiko atlet, mulai dari awal pelaksaan kegiatan sampai kegiatan selesai dilaksanakan. Sehingga seluruh resiko kecelakaan atlet sampai resiko meninggal dunia sudah dijamin oleh BPJS Ketenagakerjaan," ungkapnya.

Hal ini berdasarkan pelaksanaan UU 10 tahun 2022 tentang Keolahrgaan. Dimana seluruh atlet dan pelaku olahraga wajib terlindungi.

Yori berharap, kedepannya seluruh atlet dan pelaku keolahragaan di kabupaten Siak juga dapat terlindung dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

Ketua Umum ISSI Siak, Jon Efendi melalui sekretaris ISSI Saharudin menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPJS Ketenagakerjaan yang sudah memberikan santunan kepada atlet sepeda event Siak Lawo Championship.

"Semoga BPJS Ketenagakerjaan selalu memberikan yang terbaik buat warga Siak," tuturnya.

Karena sudah merasakan manfaat dari program JKK dan JKM, sekretaris ISSI tersebut mengimbau atlet dan non atlet agar bisa masuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan Siak.

"Kepada teman atlet dan non atlet yang buat kegiatan, kami harap bisa bergabung dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam kegiatannya," imbaunya.

"Supaya kita bisa membantu teman kita yang kecelakaan atau susah secara ekonomi," tambahnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index