Warga Pinggiran Sungai Siak Waspada, KSDA Riau Berikan Tips Hindari Kemunculan Buaya

Warga Pinggiran Sungai Siak Waspada,  KSDA Riau Berikan Tips Hindari Kemunculan Buaya

Riauaktual.com-Balai BKSDA Riau meminta masyarakat yang berada di pinggiran Sungai Siak untuk lebih waspada pasca kemunculan satwa buaya di Kampung Terendam tepatnya di kawasan Jalan Parit Belanda.

"Mengimbau kepada seluruh masyarakat yang melakukan aktivitas di Sungai Siak untuk tetap waspada dan berhati terhadap kemunculan buaya," kata Plt Kabid BKSDA Riau Wilayah II Hartono, Sabtu (28/1/2023).

Pihak BKSDA Riau akan menurunkan tim ke lokasi kemunculan satwa yang dilindungi itu untuk melakukan mitigasi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Kami dari Balai BKSDA Riau nanti akan menurunkan tim untuk survei," sambungnya.

Disamping itu, Hartono memberikan anjuran yang seyogyanya untuk tidak dilakukan masyarakat pinggiran Sungai Siak.

"Ada sesuatu hal yang harus kita perhatikan, kami mengimbau untuk tidak membuang sisa kotoran atau sisa makanan ke Sungai Siak," ungkapnya.

Tips itu bertujuan supaya tidak memancing satwa buaya itu muncul ke kawasan pemukiman. "Karena ini akan mengundang kehadiran buaya," paparnya.

Meski begitu, aliran Sungai Siak mau bagaimanapun menjadi habitat satwa buaya. Masyarakat yang berada dipinggiran aliran sungai yang harus lebih waspada.

"Kalau dilihat dari video, itu ukurannya bisa 3 sampai 4 meter, itu sudah sangat dewasa. Kami mengimbau untuk tidak membuang sisa makanan agar tidak memancing kemunculan," katanya menyudahi.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index