Bapenda Pekanbaru Diingatkan Realistis Pasang Target Pendapatan Daerah Tahun 2023

Bapenda Pekanbaru Diingatkan Realistis Pasang Target Pendapatan Daerah Tahun 2023
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, mengingatkan agar Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru harus realistis memasang target capaian pajak daerah.

Mereka harus memasang target pendapatan tahun 2023 yang sesuai agar pendapatan daerah bisa tercapai.

"Untuk ke depannya Bapenda harus realistis memasang target pajak daerah, agar target pendapatan daerah bisa tercapai," ujar Muflihun, Jumat (9/12/2022).

Menurutnya, hal ini jadi catatan khusus dari BPK RI terkait LHP kepatuhan atas pengelolaan pajak daerah tahun 2021 silam. Pemeriksaan itu juga mencakup kepatuhan atas pengelolaan pajak daerah hingga Triwulan III tahun 2022.

Dirinya menyampaikan bahwa ada beberapa catatan perihal administrasi. Ia menyebut catatan itu ada karena sejumlah administrasi masih belum sempurna.

Muflihun mengaku, bahwa BPK RI meminta pemerintah kota lebih bijak dalam menetapkan target pajak daerah. Ia mengingatkan agar Bapenda Kota Pekanbaru tidak sembarangan menetapkan target pendapatan daerah.

Mereka harus memperhitungkan capaian dari retribusi dan dari pajak daerah. Ia menyebut penghitungan ini juga mempengaruhi kemampuan belanja daerah.

Sementara itu, jelang penghujung tahun 2022, Bapenda Kota Pekanbaru terus berupaya mengejar target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp742 miliar lebih.

Berdasarkan capaian terakhir, realisasi PAD dari 11 objek pajak sudah berkisar di angka Rp653 miliar.

"Ada lebih kurang sekitar Rp89 miliar lagi lah realisasi pajak kita yang belum tercapai dari target yang telah ditetapkan," kata Kepala Bapenda Kota Pekanbaru Alek Kurniawan, Rabu (7/12/2022) kemarin.

Disampaikannya, salah satu capaian pajak yang masih rendah yakni dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Untuk itu, pihaknya memberikan promo berupa diskon hingga penghapusan denda pajak guna memotivasi wajib pajak segera melunasi kewajibannya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index