Masuki Musim Hujan, Sejumlah Titik Longsor di Riau Wajib Diwaspadai

Masuki Musim Hujan, Sejumlah Titik Longsor di Riau Wajib Diwaspadai

Riauaktual.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mendata titik rawan longsor yang berbahaya di Riau saat musim hujan.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Riau, M Edy Afrizal menyebutkan terdapat beberapa daerah yang menjadi titik longsor dan perlu diwaspadai.

Di antaranya adalah Jalur Lintas Riau - Sumbar - XIII Koto Kampar, Jalur Taluk Kuantan - Perbatasan Sumbar, Jalur Rengat - Tembilahan, Jalan Lintas Perbatasan Riau - Jambi.

"Saat ini Riau musim hujan. Sehingga potensi terjadinya bencana tanah longsor semakin mudah terjadi. Terutama di titik-titik rawan bencana longsor yang ada di sejumlah daerah di Riau. Kami mengimbau agar masyarakat selalu waspada," kata Edy.

Sebagai antisipasi, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR dan pemda setempat untuk siap siaga jika sewaktu-waktu terjadi bencana tanah longsor. Sehingga petugas dan alat berat bisa langsung diturunkan untuk melakukan pembersihan lokasi longsor.

Pihaknya mengimbau kepada petugas di lapangan agar siap siaga menghadapi musim penghujan yang berpotensi terjadi banjir di Riau.

“Seperti mengamankan barang-barang berharga, kemudian mempersiapkan diri apabila terjadi banjir dengan melakukan evakuasi. Terutama ibu-ibu hamil, balita, lansia, dan orang - orang yang sakit yang berada di Rumah,” tutupnya.

Berita Lainnya

index