Golkar Indragiri Hulu Usulkan Penambahan Dapil

Golkar Indragiri Hulu Usulkan Penambahan Dapil

Riauaktual.com - Partai Golkar Karya (Golkar) Kabupaten Indragiri Hulu mengusulkan penambahan Daerah Pemilihan (Dapil) untuk Pemilu 2024 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Sekretaris DPD Golkar Inhu, Sukirno mengatakan ada beberapa pertimbangan partai berlambang pohon beringin itu mengusulkan penambahan Dapil.

"Kita mendapat masukan dari anggota DPRD Kabupaten, salah satunya pertimbangannya Batang Cenaku dan Rakim Kulit dijadikan satu Dapil mengingat jarak tempuh dan kondisi geografis," ujarnya, Kamis (1/12/2022).

Dikatakannya, beberapa waktu belakangan, beredar video viral yang mengatakan wilayah tersebut merupakan jalan lintas selatan. Artinya, kalau Seberida dan Batang Gangsar itu dijadikan satu Dapil, tidak menghalangi tugas anggota DPRD kabupaten.

"Itu satu hamparan yang kondisi seburuk apapun anggota DPRD dari Dapil tersebut tidak terhalang melaksanakan kerjanya. Begitu juga dengan Batang Cenaku dan Rakit Kulim," kata Sukirno.

Dijelaskan Sukirno, saat kejadian alam terjelek atau putusnya jalan, anggota DPRD masih bisa melaksanakan tugas-tugas mereka. Karena antara Batang Cenaku dan Rakit Kulim itu satu hamparan yang memang mudah jarak tempuhnya dan infrastrukturnya sudah dibangun.

"Makanya kami memutuskan dan mengusulkan agar terjadi pemerataan dalam pelaksanaan tugas anggota DPRD nantinya. Itulah salah satu pertimbangan kenapa Rakit Kulim Kulim dan Batang Cenaku itu digabung," kata dia.

Kemudian, ada wilayah eks transmigrasi yang terpisah dari kelompoknya. "Satu juga pertimbangannya bahwa, ada desa namanya Desa Bukit Indah atau DK5 kalau kita kenal dengan daerah eks transmigrasi itu, itu terpisah dari rombongannya. DK1, DK2, DK4, DK6. DK5 terpisah, ikut ke Kecamatan Rakit Kulim," paparnya.

Adapun usulan penambahan Dapil oleh Golkar Inhu, diantaranya:

INHU 1 (10 Kursi) 

Rengat
Rengat barat
Kuala cenaku

INHU 2 (8 Kursi) 

Seberida
Batang Gansal

INHU 3 (7 Kursi)

Kelayang
Peranap
Batang peranap

INHU 4 (9 Kursi)

Pasir Penyu
Lirik
Lala
LBJ

INHU 5 (6 Kursi) 
Batang Cinaku
Rakit Kulim
 

Berita Lainnya

index