Pekanbaru Dog Lover Berhasil Evakuasi Anjing Terjerat Sling

Pekanbaru Dog Lover Berhasil Evakuasi Anjing Terjerat Sling

Riauaktual.com - Seekor anjing liar yang ditemukan dalam kondisi terluka akibat jeratan sling berhasil dievakuasi di Jalan Karya Masa, Kampar, Riau, Sabtu (12/11/2022).

Saat ditemukan, anjing tersebut dalam kondisi mengenaskan dengan rahang membusuk yang sudah dikerubuni lalat dan belatung.  

Salah seorang pecinta satwa dari komunitas Pekanbaru Dog Lover, Yamin mengatakan pihaknya mendapat laporan dari masyarakat ada seekor anjing liar yang terkena jerat tali sling pada bagian mulutnya.

"Kemudian kami menuju ke lokasi untuk melakukan evakuasi. Proses evakuasi kita lakukan selama tiga hari," katanya.

Dijelaskannya, tim sempat mengalami kesulitan saat dievakuasi dikarenakan lokasi yang berada di semak belukar yang cukup luas.

"Kemudian kita mempersiapkan kandang jebak dengan menggunakan umpan daging ayam untuk menangkap anjing malang tersebut".

Setelah masuk perangkap jebak, anjing tersebut kita bius untuk melepas tali sling yang menjerat mulutnya.

"Tali sling yang sudah merobek rahang mulut anjing malang itu diperkirakan sudah dua minggu, kemungkinan jeratan ini sengaja dipasang oleh orang yang tak bertanggung jawab", ungkapnya.

Secara umum kondisi anjing itu masih terlihat sehat, namun jerat pada bagian mulutnya sudah infeksi dan dipenuhi belatung, jelasnya.

Anjing berjenis kelamin betina dan diperkirakan berumur 3 hingga 4 tahun. Anjing malang itu memiliki dua ekor anak, dan kita akan coba untuk mengevakuasi anak dari induk anjing malang itu.

Setelah dievakuasi, anjing itu akan dibawa ke klinik hewan untuk diperiksa lebih lanjut karena lukanya sudah cukup dalam, tutupnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index