HK Targetkan ETLE di Tol Permai Beroperasi Sebelum Mudik Nataru 2023

HK Targetkan ETLE di Tol Permai Beroperasi Sebelum Mudik Nataru 2023
Gerbang Tol Pekanbaru. /- Foto : presidenri.go.id/BPMI Setpres

Riauaktual.com - Tilang elektronik atau ETLE di ruas tol Pekanbaru - Dumai ditargetkan sudah efektif beroperasi sebelum libur mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Branch Manager Tol Pekanbaru - Dumai dan Tol Pekanbaru - Bangkinang, AA G Indrayana mengungkapkan, persiapan perangkat dan fasilitas pendukung untuk tilang elektronik di tol Pekanbaru - Dumai tengah dipersiapkan.

Hadirnya ETLE, kata Indrayana, secara otomatis akan mencatat kasus pelanggaran kendaraan saat mereka melintas di tol itu.

“Sebelumnya, kita sudah melakukan pertemuan dengan pihak Polda Riau dan Ditlantas. Pemasangan perangkat akan dilaksanakan dalam waktu dekat,” tuturnya, Senin, (31/10/2022).

Indrayana mengungkapkan, ada 2 perangkat tilang elektronik yang akan dipasang di tol Pekanbaru - Dumai. Adapun kedua titik tersebut yakni pada jalur arah Pekanbaru ke Dumai, dan arah Dumai ke Pekanbaru.

“Ini sebagai bentuk upaya kami kepada pihak kepolisian untuk melakukan penegakan hukum terhadap pengendara yang melanggar ketentuan lalu lintas,” sambungnya.

Dijalaskan, sistem tilang elektronik di Jalan Tol Pekanbaru - Dumai secara otomatis akan tercatat di Polda Riau. 

Berdasarkan itu pihak Polda Riau akan melakukan tindakan selanjutnya kepada masing-masing pengendara yang melanggar lalu lintas serta mengeluarkan surat tilangnya.

Indrayana menjelaskan, sesuai kesepakatan pemasangan perangkat dan fasilitas pendukung tilang elektronik seharusnya sudah rampung akhir November 2022. Dengan demikian, saat mudik Nataru 2023 tilang elektronik sudah bisa difungsikan.

Sebagai informasi tambahan, hingga kini, tol Permai sendiri telah dilakukan pemasangan Rumble Strep sebanyak 22 titik, Rumble Dot sebanyak 22 titik, lampu Liplop sebanyak 25 titik, Flashing sebanyak 10 titik, dan WIM sebanyak 4 titik. Selain itu, tim Patroli Jalan Raya (PJR) juga telah dilengkapi dengan 3 unit Speed Gun. 

Berita Lainnya

index