Tangani Masalah Banjir Pekanbaru, Komisi IV Anggarkan Pembelian Excavator Amphibi

Tangani Masalah Banjir Pekanbaru, Komisi IV Anggarkan Pembelian Excavator Amphibi
Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan

Riauaktual.com - Komisi IV DPRD Pekanbaru menganggarkan biaya untuk pembelian excavator amphibi dalam APBD tahun 2023 untuk mempermudah dalam melakukan normalisasi sungai dan menangani masalah banjir yang ada di Kota Pekanbaru.

"Ya, ada (dianggarkan). Jadi untuk beli alat amphibi besar itu kurang lebih harganya sekitar Rp5 Miliar. Tetapi karena melihat kondisi sungai dan tidak layak memakai yang besar, jadi kita mengusulkan untuk membeli 1 unit excavator amphibi yang kecil yang kurang lebih Pc100," ujar Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan, Minggu (17/10/2022).

Nurul mengungkapkan, penambahan alat berat yang diusulkan oleh Dinas PUPR Kota Pekanbaru ini dinilai akan mempermudah petugas-petugas di lapangan untuk mengatasi titik-titik rawan banjir dan melakukan pemeliharaan anak sungai.

Selain Dinas PUPR, Komisi IV DPRD Pekanbaru juga mengganggarkan pembelian alat berat dalam rancangan anggaran di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pekanbaru. Hal ini sebagai salah satu upaya membantu dalam mengatasi banjir yang sering terjadi di ibukota Provinsi Riau tersebut.

"Rencana pembelian alat berat ini juga ada di Dinas Perkim Kota Pekanbaru, jadi anggarannya ini dipecah-pecah. Sebagian ada di Dinas PUPR, sebagian lagi ada di Dinas Perkim," katanya.

Politisi Gerindra ini mendukung penuh langkah Pj Walikota Pekanbaru Muflihun untuk menyelesaikan tiga persoalan mendasar di Kota Pekanbaru, salah satunya fokus menangani masalah banjir.

"Ini merupakan bentuk keseriusan dari Pj Walikota untuk menangani masalah banjir di Kota Pekanbaru, maka dari itu program-program prioritas Pj Walikota dalam APBD murni tahun 2023 yang salah satunya adalah masalah banjir ini harus kita support," tutup Nurul. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index