Al Azhar Cabang Riau Gelar Al Azru Cup VI 2022, Sekdako Pekanbaru Sebut Iven Luar Biasa

Al Azhar Cabang Riau Gelar Al Azru Cup VI 2022, Sekdako Pekanbaru Sebut Iven Luar Biasa

Riauaktual.com - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Al Azhar Panam, Sabtu (8/10) gelar Al Azhar Pekanbaru (Azru) Cup VI di Kampus Yayasan Pesantren Islam Al Azhar Cabang Riau yang berada di Jalan Swakarya nomor 17 Panam, Kota Pekanbaru.  

Al Azru yang merupakan event Akbar tahunan itu diikuti seluruh SD dan SMP se Kota Pekanbaru dan beberapa dari daerah sekitarnya seperti Duri, Dumai dan Kampar.

Kepala SMP Islam Al Azhar 37 Pekanbaru Riwa Giyantra MPd mengatakan, Al Azru Cup VI ini diikuti sekitar 1303 peserta dan 333 pendamping atau pembina dari tingkat SD maupun SMP. 

"Untuk tingkat SD mempertandingkan 7 cabang lomba yakni Futsal memperebutkan piala walikota, MHQ, Puisi, Ranking 1, Spelling Bee, Adzan Subuh, dan Cerdas Cermat Islami. Tingkat SMP mempertandingkan 5 cabang lomba yakni Futsal memperebutkan piala Walikota, MHQ, puisi, storytelling, dan Basket," ujar Kepala SMP Islam Al Azhar 37 Pekanbaru Riwa Giyantra MPd.

Selanjutnya Ketua Al Azru Cup VI Chandra Alfindodes menyampaikan, kegiatan sekolah Al Azhar yang merupakan Yayasan Pesantren Islam Al Azhar berpusat di Jakarta ini didukung oleh para sponsor dan juga tidak lepas dari peran semua panitia yang terlibat dari guru dan karyawan SMPI Al Azhar Panam, kampus YPIA Riau, Osis, para murid dan persatuan orang tua murid atau jamiyyah. 

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan kita ini," ujar Chandra.

Al Azru Cup VI tersebut dilaksanakan 8  sampai 15 Oktober 2022 mendatang dan dibuka langsung oleh Pj Walikota Pekanbaru diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru H Muhammad Jamil SAg MAg MSi dan dihadiri oleh Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Pekanbaru Nurbaiti MPd, Kadispora Kota Pekanbaru, Ketua PGRI Kota Pekanbaru Abdul Gafar MPd, Ketua MKKS Kota Pekanbaru Syahrul Padillah SPd Gr MPd,  Ketua YPI Al Azhar Cabang Riau DR Febri Yuliani SSos MSi, Kepala SD Islam Al Azhar 54 Pekanbaru Tanjih Martopo SPd, Kepala KB/TK Islam Al Azhar 54 Pekanbaru Ira Qamra Mahira SPd, Ketua Jamiyyah SMP beserta Jamiyyah SMP Islam Al Azhar 37 Pekanbaru.

Ketua YPI Al Azhar Cabang Riau DR Febri Yuliani SSos MSi menyampaikan, tahun ini Al Azru mengangkat tema Get the Best Achievement and Keep the spirit of Competition. 

"Diharapkan dengan adanya kegiatan yang memberikan wadah bagi para peserta didik di jenjang SD maupun SMP ini dapat memberikan kontribusi positif bagi sumber daya manusia Indonesia sejak kecil dengan semangat kompetisi yang merupakan salah satu skill yang dibutuhkan manusia di era industry 5.0 menuju 6.0 "Exploring the future through Revolution and Quantum Technology " yang tidak dapat kita hindari," ujar Ketua YPI Al Azhar Cabang Riau DR Febri Yuliani SSos MSi.

Meskipun demikian kata Febri Yuliani, pihaknya tetap harus mengedepankan hal yang sangat penting, yakni generasi yang tetap memiliki adab, kolaboratif dan berdaya saing global sesuai dengan visi misi Al Azhar se-Indonesia.

"Acara ini dapat berjalan dengan sukses atas sinergi antara semua pihak baik itu dari semua panitia yang terlibat dari guru dan karyawan SMPI Al Azhar Panam, kampus YPIA Riau, Osis, para murid dan tak lepas juga dari dukungan penuh oleh persatuan orang tua murid atau jamiyyah maupun pihak sponsor," ucapnya.

Semoga ini tambah Febri Yuliani menjadi amal jariyah bersama dalam mencapai target yakni sukses dalam prestasi, promosi, maupun pelaksanaan, dan tentunya dengan adanya bazar-bazar yang dibuka dalam perhelatan akbar ini diharapkan dapat juga mendorong penguatan ekonomi di tengah masyarakat.

"Kita juga berharap sertifikat juara yang diraih para siswa nantinya bisa menjadi sertifikat untuk masuk sekolah jalur prestasi," ungkapnya.  

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru H Muhammad Jamil MAg MSi yang membukat Al Azru Cup VI mengatakan kegiatan yang dilakukan Al Azhar ini sangat luar biasa, karena bisa mengumpulkan sekolah - sekolah se Pekanbaru bahkan ada yang dari luar Pekanbaru. 

"Melalui kegiatan atau perlombaan ini nantinya anak-anak kita bisa mengembangkan kreatifitas dan berinovasi sehingga bisa meraih juara dan sertifikatnya bisa dijadikan sarat jalur prestasi yang ditandatangan Kepala Dinas Pendidikan nantinya," ujar Muhammad Jamil. 

Semoga kegiatan ini tambah Jamil, bisa menjadi inspirasi baru bagi sekolah-sekolah lainnya untuk melakukan berbagai kegiatan untuk menambah inovasi dan kreatifitas anak didiknya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index