Berikut 4 Manfaat Buah Duku untuk Kecantikan

Berikut 4 Manfaat Buah Duku untuk Kecantikan
Ilustrasi (Foto: Ist)

Riauaktual.com - BUAH duku adalah buah yang berasal dari Asia Tenggara. Buah ini banyak ditemui di Indonesia. Meski dikenal berasal dari palembang, ternyata buah ini dapat tumbuh di daerah tropis di mana saja berada.

Meski begitu, memang di daerah Komering, Sumatera Selatan terkenal sebagai penghasil duku terbesar di Indonesia. Buah duku dari daerah ini sangat manis dan selalu panen di bulan Januari hingga Februari tiap tahunnya.

Berbicara tentang duku, ternyata selain enak dimakan, buah ini juga memiliki khasiat untuk menjaga kecantikan wajah lho!

Penasaran manfaat buah duku untuk kecantikan wajah? Yuk simak ulasan yang dikutip dari healthbenefitstime, Selasa (4/101/2022).

1. Menghilangkan Jerawat

Banyak sekali buah-buahan yang telah digunakan sebagai obat jerawat alami. Mulai dari jeruk nipis, pepaya, tomat dan lemon. Duku juga memiliki kemampuan yang sama, meski tidak sekuat buah yang telah disebutkan di atas.

2. Menjaga kelembapan alami rambut

Duku juga bisa menjaga kelembapan alami rambut dari dalam, berkat kandungan nutrisinya. Namun Anda juga bisa melakukan perawatan di bagian luar dengan manjadikannya sebagai masker alami untuk rambut. Selain menjaga kelembapan, juga mencegah rambut rontok, dan menyuburkan rambut.

3. Mencegah Penuaan Dini

Buah duku cukup bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Salah satu faktor penyebab penuaan dini adalah karena radikal bebas. Seperti disebutkan di atas, vitamin C dalam buah ini cukup efektif untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Vitamin C juga berguna untuk melindungi protein lipid, asam nukleat, dan karbohidrat dari kerusakan akibat radikal bebas atau polusi atau racun.

4. Menjaga Kesehatan Kulit 

Kesehatan kulit dapat dijaga dengan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung manfaat vitamin E. Buah duku juga memiliki kandungan vitamin E yang baik sehingga efektif untuk menjaga kesehatan kulit seperti mencegah penuaan dini, menghaluskan dan melembutkan kulit, menjaga kelembapan kulit, menjaga kulit dari sinar UV dan membantu menyembuhkan luka.

 


 

 


 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index