Nomor Renang untuk PON Riau Berkurang

Nomor Renang untuk PON Riau Berkurang
Logo PON 2012 Riau.

PEKANBARU (RA) - Pada PON XVIII September 2012 untuk nomor cabang olahraga renang mengalami pengurangan dari PON XVII 2008 lalu. Hal ini juga disayangkan oleh Tecnikal Delegate (TD) cabor renang. Pada PON kali ini ada delapan nomor yang berkurang dari empat puluh nomor yang dipertandingkan sehingga pada PON XVIII nanti menjadi tiga puluh dua nomor.

"Memang ada kemunduran di PON Riau ini, khusus pada nomor pertandingan yang mengalami kekurangan. Namun tentu kita tidak mengharapkan menurunnya prestasi atlet selama iven berjalan nantinya," demikian disampaikan ujat Tim TD Renang, Wiratama Hulu.

Dikatakannya, nomor yang mengalami pencoretan tersebut adalah 50 m gaya kupu-kupu putra/putri, 50 m gaya punggung putra/putri, 50 m gaya dada putra/putri, 800 m bebas putra, dan 1500 bebas putri. Ditanya terkait alasan terjadinya pengurangan, Wiratama tidak mengetahui pasti.
   
"Keputusannya ada di PB PON, KONI pusat, dan KONI Provinsi masing-masing daerah yang diputuskan dalam rapat. Jadi kami tidak mengetahui pasti terkait alasan pengurangan delapan nomor tersebut," paparnya.
   
Pada PON mendatang, terdapat 24 provinsi yang dinyatakan lolos sebagai peserta. Tercatat, lanjut Wiratama atlet yang akan bertanding di Cabor bergengsi tersebut mencapai 500an orang nantinya.
   
Meskipun mengakui ada pengurangan nomor, namun tim TD Renang berharap masih ada peluang nomor pertandingan tersebut ditambah sesuai dengan PON Kaltim 2008 lalu. "PON ini kepentingan nasional, dan bukan kepentingan salah satu daerah saja, jadi hendaknya harus diakomodir dengan baik," lanjutnya. (RA7)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index