Dugaan Kekerasan Seksual Terjadi di Unri, Terduga Pelaku Gubernur BEM

Dugaan Kekerasan Seksual Terjadi di Unri, Terduga Pelaku Gubernur BEM
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - GA dilaporkan ke Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Unvirsitas Riau. Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa FISIP itu diduga melakukan kekerasan seksual terhadap sejumlah mahasiswa.

Wakil Gubernur BEM Fisip Unri, Rifki Mulya Nauli dikonfirmasi membenarkan adanya dugaan kasus tersebut. Ia menyebutkannya juga telah melaporkannya ke Satgas PPKS.

“Kami sudah melaporkan kasus tersebut ke Satgas PPKS, Kamis kemarin. Laporan itu atas nama saya sendiri,” kata Rifki, Jumat (23/9).

Rifki menyebutkan, kasus tersebut berawal dari pengakuan dari salah seorang korban kepada dirinya. Korban menceritakan semua terjadi kepadanya yang diduga dilakukan oleh GA.

Berangkat dari pengaduan korban, pihaknya melakukan investigasi dan mengumpulkan sejumlah barang bukti untuk menguatkan tudingan tersebut.

“Kami punya bukti-bukti terkait dugaan kekerasan seksual verbal dan nonverbal yang dilakukan oleh terduga pelaku GA,” bebernya.

GA kata Rifki, diduga melakukan perbuatan tak senonoh tersebut sejak beberapa tahun belakangan. Sehingga, lanjut dia, jumlah korban yang mengaku kepadanya lebih dari satu orang.

“Kejadian itu dalam kurun waktu 2 tahun belakangan. Korbannya lebih dari satu orang,” imbuhnya.

Terpisah GA dihubungi lewat sambungan telepon mengaku telah mengetahui soal laporan dugaan kekerasan seksual yang mengarah kepada dirinya. Namun GA masih enggan menanggapi soal laporan tersebut.

''Sampai sekarang saya tidak tahu siapa korbannya. Kapan dia merasa dilecehkan secara verbal dan nonverbal,’’ singkatnya.

Dugaan kekerasan seksual sebelumnnya tersebar di sosial media Instgram. Akun @komahi_ur memposting pernyataan sikap adanya kasus kekerasan seksual yang kembali terjadi di kampus negeri tertua di Riau tersebut.

"Sehubungan dengan laporan mengenai dugaan kekerasan seksual yang diduga dilakukan oleh GA, selaku Gubernur Mahasiswa BEM FISIP Unri periode 2022/2023. Laporan tersebut telah masuk oleh korban yang melapor kepada Satgas PPKS Universitas Riau," demikian keterangan postingan yang menyertakan sketsa seorang perempuan tersebut.

Dalam dua postingan itu juga tertuang penegasan bahwa BEM FISIP Unri l berpihak kepada korban yang trauma hingga memastikan kasus dapat pendampingan hingga tuntas.

Berita Lainnya

View All