PDIP Akui Sempat Ingin Usulkan Risma Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta

PDIP Akui Sempat Ingin Usulkan Risma Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta
Mensos Risma Kunjungan Kerja ke Papua. ©2022 Merdeka.com

Riauaktual.com - Ketua Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DKI Jakarta Gembong Warsono mengungkapkan bahwa Fraksi PDIP DPRD DKI sebenarnya ingin mengusulkan nama Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini sebagai calon Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta.

Risma dilihat sebagai sosok yang berpengalaman dan sukses memimpin Surabaya. Namun, hal itu urung dilakukan Fraksi PDIP karena Risma dianggap telah mendapatkan penugasan yang lebih besar dari Presiden Joko Widodo sebagai Mensos RI.

“Karena pengalaman beliau sukses memimpin Kota Surabaya selama dua periode, kami melihat kepemimpinan beliau cocok untuk diterapkan di DKI Jakarta," katanya dalam keterangannya, Kamis (15/9).

Selain itu, kata Gembong Risma juga tak memenuhi salah satu syarat menjadi Pj Gubernur DKI. Pasalnya, Pj Gubernur DKI Jakarta harus berasal dari jabatan pimpinan tinggi madya.

Akhirnya, usai melakukan pembahasan mendalam, Fraksi PDIP tak jadi mengusulkan nama Mensos Tri Rismaharini dalam Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) yang digelar DPRD DKI pada Selasa, 13 September 2022 lalu.

“Setelah melakukan koordinasi dengan DPD dan DPP PDI Perjuangan, kami akhirnya mengusulkan 3 nama sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta”, kata Gembong.

Diketahui, Fraksi PDIP DKI Jakarta mendorong tiga nama sebagai Pj Gubernur. Ketiga nama itu ialah Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono, dan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar.

Menurut Gembong Fraksi PDIP menilai ketiga kandidat telah memenuhi syarat sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta. Fraksi PDIP optimis nama yang terpilih nanti bisa melanjutkan pembangunan di Jakarta dan melanjutkan program yang saat ini belum sempat dikerjakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Selain itu, Gembong melihat ketiga nama tersebut juga mampu membangun harmonisasi dengan seluruh pihak di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dan Pemerintah Pusat. Fraksi PDIP, kata Gembong menilai ketiga calon Pj Gubernur mumpuni, tak jauh berbeda dengan Tri Rismaharini.

“Menurut kami dari tiga nama tersebut mumpuni dan bisa mendekati seperti sosok Ibu Risma memimpin Surabaya," katanya

Dia pun berharap PJ Gubernur terpilih dapat menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh. Sehingga, harapan warga ibu kota terhadap penanganan masalah pembangunan di DKI Jakarta dapat dituntaskan.

 

 

Sumber: Liputan6.com

Berita Lainnya

index