5 Gejala Ini Bisa Muncul Akibat Terjadinya Stres

5 Gejala Ini Bisa Muncul Akibat Terjadinya Stres
Ilustrasi stres. Shutterstock/luxorphoto

Riauaktual.com - Masalah pada kesehatan mental yang kita alami bisa sangat berpengaruh pada kondisi fisik kita. Adanya permasalahan terutama berupa stres bisa sangat berdampak pada kondisi kita.

Ketika sedang stres, beberapa gejala yang muncul bisa sangat mudah dikenali. Salah satu yang kerap disadari oleh seseorang adalah sulitnya otak untuk fokus dan sulit tidur.

Gejala lain yang biasa muncul bisa berupa sakit di sekujur tubuh. Kondisi pikiran yang kusut ini membuat tubuh menjadi kaku sehingga timbul rasa pegal dan nyeri tersebut.

Walau terdapat gejala yang mudah dikenali, namun beberapa hal juga tanpa disadari bisa jadi pertanda munculnya stres. Dilansir dari Health24, berikut sejumlah hal yang ternyata berhubungan dengan stres yang kamu alami.

1. Suara Berdenging di Telinga

Munculnya denging di telinga atau tinnitus dapat menjadi pertanda munculnya stres di tubuh. Ketika kamu memang sudah memiliki tinnitus, mengalami stres bisa memperburuk gejala penyakit di telinga ini.

2. Pelupa

Kesulitan mengingat hal-hal tertentu bisa jadi muncul karena stres yang kamu alami. Ketika sedang stres, sistem saraf tubuh manusia terpengaruh dan menyebabkan perubahan di otak yang menyebabkan terjadi masalah pada ingatan dan kecerdasan seseorang.

3. Berat Badan Menurun

Meningkatnya berat badan bisa terjadi karena stres, namun hal yang sebaliknya juga bisa terjadi. Ketika seseorang tengah stres, bisa terjadi kondisi dia melewatkan makan atau memilih makanan yang tak tepat.

4. Tiba-Tiba Mengalami Alergi

Baik munculnya bersin atau munculnya rasa sesak di dada, stres ternyata berhubungan dengan munculnya alergi secara tiba-tiba. Berdasar sebuah penelitian, alergi disebut sebagai penyakit yang mempengaruhi pikiran dan tubuh yang juga kerap dialami oleh seseorang dengan stres yang tinggi.

5. Gigi Bergemeretak

Stres bisa membuat gigimu bergemeretak ketika tidur tanpa kamu sadari. Hal yang biasa disebut juga sebagai bruxism ini biasanya terjadi pada pria dibanding wanita terutama pada mahasiswa. Hal ini menyebabkan kamu mengalami rasa sakit di dagu ketika bangun tidur.

Seseorang kerang kali luput menghubungkan sejumlah gejala tersebut dengan terjadinya stres. Ketika mengalami sejumlah masalah tersebut, penting untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan mental agar terhindar dari masalah yang lebih berat. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index