Penyebab Mengapa Kita Selalu Mengantuk Ketika Sakit

Penyebab Mengapa Kita Selalu Mengantuk Ketika Sakit
Ilustrasi demam shutterstock

Riauaktual.com - Ketika sedang sakit, badan kamu bakal terasa lemas dan kamu bahkan bisa tidur seharian penuh. Banyak orang mengira bahwa hal itu mungkin disebabkan karena obat-obatan yang kamu konsumsi, namun terdapat hal yang sesungguhnya menjadi penyebab rasa ngantuk ketika sedang sakit itu.

Dilansir dari The Health Sites, sebuah penelitian dari University of Pennsylvania di Amerika Serikat menemukan jawaban dari hal ini. Diketahui bahwa ternyata terdapat sebuah gen bernama nemuri pada lalat yang meningkatkan kebutuhan kita akan tidur.

Protein nemuri ini melawan kuman dengan aktivitas antikrobial yang digerakkan oleh sel di otak untuk menghadirkan tidur yang lebih lama dan nyenyak setelah infeksi.

"Walaupun sudah umum dipahami bahwa tidur dan kesembuhan sangat berhubungan erat, hasil penelitian kami menghubungkan secara langsung antara tidur dengan sistem kekebalan tubuh dan memunculkan penjelasan mengenai bagaimana tidur bertambah banyak ketika sakit," ujar peneliti, Professor Amita Sehgal.

Tanpa gen nemuri, lalat lebih gampang terbangun ketika tidur. Kebutuhan tidur yang mereka miliki juga menurun. Tidur dengan nemuri meningkat pada lalat yang terinfeksi bakteri dan menggandakan peluang mereka bertahan hidup dibanding lalat yang tak terinfeksi.

Sebagai respons terhadap infeksi, nemuri bisa membunuh mikroba, terutama pada bagian tubuh tertentu lalat. Selain itu kebutuhan tidur juga meningkat melalui tindakan tertentu di dalam otak.

Penelitian ini juga menemukan bahwa molekul sel imun bernama interleukin-1 (IL-1), terbentuk ketika seseorang sedang tertidur. IL-1 terkumpul ketika bangun selama beberapa waktu dan menimbulkan sugesti untuk tidur. Dari penelitian ini diketahui bahwa nemuri merupakan penghubung antara fungsi imun dan tidur.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index