Sasar Sejumlah Ruas Jalan, Dinsos Pekanbaru Jaring 8 Orang Pengemis

Sasar Sejumlah Ruas Jalan, Dinsos Pekanbaru Jaring 8 Orang Pengemis
Dinsos Kota Pekanbaru menjaring 8 orang diduga penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) atau pengemis

Riauaktual.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru menjaring 8 orang diduga penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) atau pengemis. Mereka dijaring tim Satgas Dinsos Pekanbaru dari sejumlah ruas jalan. 

Kepala Dinsos Pekanbaru, Idrus MAg mengatakan, ruas jalan yang disisir petugas diantaranya persimpangan lampu merah simpang tiga Jalan Tengku Bey, simpang lampu merah Jalan Arifin Ahmad, lampu merah Batalyon Arhanud 13, lampu merah Jalan Kaharuddin Nasution.

"Ada beberapa PMKS yang terjaring, 1 orang pengemis berpakaian badut dan 7 orang anak yang di indikasikan mengemis," ujar Idrus. 

Usai dijaring tim, para PMKS ini diberikan edukasi tentang bahayanya melakukan aktifitas di simpang lampu merah. Ini sesuai dengan peraturan daerah (Perda) nomor 12 Tahun 2008, tentang ketertiban sosial.

Idrus berharap kepada para PMKS yang tergolong anak usia sekolah, agar fokus pada pendidikannya.

"Harapan saya, yang pertama, bagi anak-anak yang mash usia sekolah hendaknya berkonsentrasi saja untuk belajar di sekolah. Yang kedua, bagi orang tua untuk tidak membiarkan anak nya, apalagi memperalat anaknya untuk turun meminta-meminta di jalan. Ini bukan edukasi yang baik diberikan kepada anak," kata Idrus.

Idrus juga mengimbau kepada masyarakat, agar tidak memberikan bantuan atau sumbangan ditempat yang dapat mengganggu ketertiban umum.

"Lebih baik masyarakat menyalurkan zakat, infak dan sumbangan lainnya ke BAZNAS atau lembaga sosial yang resmi," pungkasnya. 

Berita Lainnya

View All