Pengabdian Mahasiswa Kukerta Unri, Restocking Ikan Nila di Desa Tambusai

Pengabdian Mahasiswa Kukerta Unri, Restocking Ikan Nila di Desa Tambusai
Mahasiswa Kukerta Unri 2022 saat pemberian bibit ikan nila kepada masyarakat Desa Tambusai, Rumbio Jaya, Kampar.

Riauaktual.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau yang diketuai oleh Barzan Hamidi dan 9 anggota lainnya mengabdikan diri kepada masyarakat Desa Tambusai, Rumbio Jaya, Kampar.

Pengabdian yang bertajuk "Kegiatan Tebar Benih (Restocking) Ikan Nila oleh Mahasiswa KKN Unri 2022” ini pertama kali digagas oleh Andini Fani Susandra dan dilaksanakan pada Sabtu (6/8/2022).

Dengan harapan dapat membantu program ketahanan pangan dan menjadi salah satu gerakan penanggulangan kemiskinan di Desa Tambusai. Benih Ikan Nila ini diberikan kepada 2 orang pemilik kolam budidaya, yakni Turiyanto dan Riyadi.

"Restocking ini merupakan kegiatan penyebaran benih ikan atau penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum. Benih ikan yang kami berikan berjenis nila," ucap Andini selaku Ketua Pelaksana Kegiatan. 

Menurutnya, ikan nila secara ekonomis mudah dijangkau dan banyak diminati dikarenakan proses budidaya yang mudah. Pakan yang diberikan pada benih ikan nila juga gampang ditemukan, yakni pada ukuran kecil berupa cacing sutra. Sedangkan nila ukuran besar berupa pelet dan pakan alami yakni tumbuhan kangkung. 

"Hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan Restocking atau penebaran benih ikan yaitu, persiapan kolam yang akan digunakan, kolam dengan kriteria air harus mempunyai pH yang sama yaitu dengan rentang 6-8 sesuai dengan jenis ikan, " tambah Andini. 

Lebih lanjut dikatakannya, sejalan dengan misi Kementerian Kelautan dan Perikanan, restocking ikan diyakini mendukung upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat tempatan. 

"Pemilik kolam budidaya sangat antusias menerima calon benih baru. Kami selaku mahasiswa turut senang dengan respon tersebut dan semakin semangat membantu perekonomian warga," ujarnya. 

"Keberhasilan kegiatan restocking ini tidak turut lepas dari dukungan  pihak-pihak terkait seperti Pemerintah Desa, Dosen pembimbing  dan para pelaku usaha di bidang perikanan," tutup Andini. 

Kegiatan ini ditutup dengan pelepasan benih oleh pemilik kolam budidaya dan Mahasiswa Kukerta Unri 2022.

Berita Lainnya

View All