Kukerta Unri 2022

Mahasiswa Tanam dan Bagikan Ratusan Bibit Pohon kepada Masyarakat Desa Pandau Jaya

Mahasiswa Tanam dan Bagikan Ratusan Bibit Pohon kepada Masyarakat Desa Pandau Jaya

Riauaktual.com -  Mahasiswa Kukerta Balek Kampung Universitas Riau 2022 melakukan penanaman dan pembagian ratusan bibit pohon di Desa Pandau Jaya, Siak Hulu, Kampar. Kegiatan ini di dampingi oleh dosen pembimbing lapangan, yakni Clara Yolandika, S.P., M.Si, Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau.

Hal ini dilakukan sebagai langkah ambil bagian untuk tetap meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penghijauan terhadap lingkungan Minggu (7/8/2022).

Kegiatan yang berjalan lancar ini tidak terlepas dari bantuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, terkhusus kepada BPDASHL Indragiri Rokan sebagai perpanjangan tangan dalam penyediaan bibit yang dibutuhkan dan juga Ketua RW 03 dan masyarakat Desa Pandau Jaya yang bersedia membantu dan berpartisipasi bersama para mahasiswa kukerta Universitas Riau dalam melakukan persiapan penanaman bibit dan pembagian bibit.

Adapun pembagian bibit ini, diantaranya 90 bibit sirsak, 80 bibit matoa, 15 pohon mahoni, dan 15 pohon trembesi. Penanaman dilakukan di sekitar Posyandu Melati RW 03 dan sisanya dibagikan langsung kepada masyarakat di RW 03 untuk kegiatan program kerja berupa Penghijauan Lingkungan dengan penanaman bibit yang dapat memberikan manfaat bagi warga dan lingkungan sekitar berupa buah dari tumbuhan tersebut.

"Saya sangat senang mahasiswa Kukerta Unri bisa membagikan bibit kepada masyarakat RW 03 ini. Kegiatan ini merupakan salah satu kepedulian mereka, dimana di zaman sekarang masyarakat yang hidup di perkotaan sudah sangat sedikit yang bercocok tanam," tutur Ketua RW 03, Syairudi. 

Pembagian bibit tanaman ini juga dimaksudkan untuk penataan dan penghijauan desa dan lingkungan sekitar. Apalagi, bibit yang dibagikan mahasiswa ini merupakan bibit buah-buahan yang nantinya dapat dinikmati oleh masyarakat.

"Harapannya bibit pohon yang sudah diberikan ini dapat ditanam warga di sekitar pekarangan rumah atau di lahan warga yang masih kosong, sehingga dapat memperhijau kawasan rumah," ujarnya.

"Saya harap 5 tahun lagi kita bisa menikmati bersama hasil yang kita tanam disini dan dapat bermanfaat bagi kita semua," ujarnya lagi.

Sementara itu anggota Kukerta Balek Kampung Unri 2022 Desa Pandau Jaya berharap pembagian bibit ini nantinya dapat direspon baik oleh warga dan ditanam di sekitar pekarangan rumah dan lahan kosong yang ada.

"Tujuan utama kami mengadakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat setempat tentang betapa pentingnya lahan terbuka hijau di perkarangan masing-masing maupun lingkungan sekitar dengan menanam berbagai macam tanaman dan tentunya juga menanam bibit pohon yang diberikan secara gratis oleh pihak BPDASHL untuk masyarakat Desa Pandau Jaya RW 03 ini,” tutur Ketua Kelompok Kukerta Balek Kampung Unri.

Berita Lainnya

View All