Pemko Pekanbaru Mulai Pemberian Vaksin Covid-19 Keempat Minggu Depan

Pemko Pekanbaru Mulai Pemberian Vaksin Covid-19 Keempat Minggu Depan
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bakal memulai pemberian vaksin Covid-19 booster kedua. Sasaran vaksinasi booster dua, atau vaksin keempat ini terlebih dahulu adalah kelompok tenaga kesehatan (Nakes). 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, pihaknya memulai vaksinasi keempat ini bagi nakes yang bertugas di Puskesmas dan rumah sakit. 

"Kemudian juga pegawai dinas kesehatan. Lalu nanti baru ke (instansi) swasta, sesuai arahan pusat untuk tahap awal ini kan memang untuk nakes," ujar Zaini, Selasa (2/8/2022). 

Dirinya menyebut, dengan seiring berjalannya waktu diperkirakan daya tahan tubuh dan kekebalan vaksin itu akan menurun. Maka disarankan oleh pemerintah pusat bagi yang sudah menjalani vaksin lebih dari enam bulan agar dilanjutkan dengan suntik vaksin yang keempat. 

"Jadi, kalau belum enam bulan belum direkomendasikan untuk jalani vaksin keempat ini," ulasnya. 

Pihaknya merencanakan bakal memulai vaksin Covid-19 keempat ini pada minggu depan. Ia mempersilahkan bagi nakes yang lebih dulu mendapatkan vaksin keempat ini. 

Zaini mengaku untuk ketersediaan vaksin sendiri masih mencukupi. Saat ini ada sekitar 7.500 dosis yang tersedia di gudang farmasi dinas kesehatan dan sejumlah fasilitas kesehatan. 

Mereka menggesa pemberian vaksin sebelum memasuki masa kadaluwarsa. Jika stok mulai menipis, dikatakan Zaini bakal diajukan tambahan ke pemerintah pusat melalui pemerintah Provinsi Riau. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index