Cocok untuk Diet, Berikut 3 Daftar Makanan yang Mengandung Kolesterol Terendah

Cocok untuk Diet, Berikut 3 Daftar Makanan yang Mengandung Kolesterol Terendah
Makanan Kolesterol Rendah. (Foto: Shutterstock)

Riauaktual.com - BERIKUT daftar makanan yang mengandung kolesterol terendah. Makanan sebagai sumber energi bagi tubuh memang memiliki banyak manfaat. Hanya saja, tak semua makanan dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Sebab, terdapat beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Terutama makanan produk hewani, seperti daging dan susu.

Kolesterol adalah zat seperti lemak dalam tubuh yang dihasilkan oleh hati. Zat ini memiliki peran penting untuk pembentukan membran sel, vitamin D, dan hormon tertentu.

Kolesterol sendiri terdapat dua jenis, yakni Low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, dan High density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Kedua kolesterol ini memiliki peranan penting dalam tubuh.

Makanan yang mengandung kolesterol terendah

Perlu diketahui, bila kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan plak dalam pembuluh darah. Plak yang menumpuk terus menerus dapat menyebabkan komplikasi, seperti stroke dan serangan jantung.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat disebabkan oleh pola hidup dengan mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi kolesterol. Oleh sebab itu, hendaknya mengonsumsi makanan dengan kolesterol rendah.

Lantas, apa saja makanan yang mengandung kolesterol terendah yang dapat dikonsumsi setiap hari? Terdapat produk makanan yang diketahui mengandung kolesterol terendah, yakni:

Putih telur ayam

Telur ayam memang diketahui menjadi salah satu makanan penyebab tingginya kolesterol. Namun, jika yang dikonsumsi adalah putih telur saja maka kolesterol akan terkendali. Sebab, per 100 gram putih telur ayam, kandungan kolesterol yang ada 0 miligram.

Teripang

Teripang adalah biota laut yang menjadi sumber protein hewani. Teripang terkenal sebagai hewan yang bergerak lambat, hidup pada dasar substrat pasir, lumpur pasiran, lamun, alga maupun dalam lingkungan terumbu karang hidup/mati.

Tak banyak yang tahu, dalam 100 gram teripang, kandungan kolesterolnya sama dengan putih telur ayam, yakni 0 miligram. Sehingga makanan satu ini dapat dikonsumsi setiap hari bagi penderita kolesterol.

Susu sapi tanpa lemak

Sebagai salah satu produk hewani, susu juga termasuk makanan yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Namun, terdapat susu yang dapat dikonsumsi oleh penderita kolesterol, yakni susu tanpa lemak. Susu tanpa lemak diketahui dalam 100 gram memiliki kandungan kolesterol 0 miligram.

 

 

 

Sumber: Okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index