Dinas Perpustakaan Siak Adakan Lomba Tingkat SMP Pertama di Provinsi Riau, Ini Juaranya

Dinas Perpustakaan Siak Adakan Lomba Tingkat SMP Pertama di Provinsi Riau, Ini Juaranya
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Darussalim berserta Kabid dan Staf foto bersama dengan Kepala SMP yang ikut lomba perpustakaan sekol

Riauaktual.com - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Siak, menyerahkan penghargaan berupa piala, piagam dan uang pembinaan kepada sekolah yang dinyatakan menang dalam lomba Perpustakaan sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Siak.

Kepala Dispusip Darussalim melalui Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Pemanfaatan Pelayanan Pembudayaan Kegembiraan Membaca, Syafrijaldi mengatakan kegiatan tersebut berlangsung dari 23-27 Mei tahun anggaran 2022 bulan lalu. Jumlah pesertanya, sebanyak 10 SMP Negeri dan Swasta yang sudah terakreditasi. 

Sementara tim dewan juri, langsung dari Dispusip Kabupaten Siak yang turun langsung ke sekolah-sekolah yang mengikuti lomba.

"Hasil dari lomba tersebut, Perpustakaan Bina Cemerlang SMP Negeri 1 Kecamatan Kandis juara 1. Juara 2 SMP Negeri 1 Kecamatan Tualang dan Juara 3 SMP Negeri 1 Kecamatan Mempura. Sementara juara harapan 1 SMP Negeri 5 Kandis, harapan 2 SMPS YPPI Tualang dan harapan 3 SMP Negeri 1 Bungaraya," terang Kabid Dinas Perpustakaan Siak Syafrijaldi, (26/07).

Menariknya, lomba pustaka tingkat sekolah SMP yang ditaja Dispusip Kabupaten Siak tersebut pertama ada di Provinsi Riau.

"Ini pertama kali di Provinsi Riau. Tujuan kegiatan ini kita buat memotivasi supaya sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Siak baik itu negri maupun swasta, siap berpacu dan meningkatkan kwalitas perpustakaannya,"tuturnya.

"Harapan kita kedepan, kegiatan ini setiap tahun dapat terus terlaksana, baik SD maupun SMP. Bagi peserta yang belum mendapat juara, tingkatkan lagi Perpustakaannya," tambah Syafrijaldi.

Sementara Kepala SMP 1 Kandis Jufriyanti mengatakan ia sangat bahagia Perpustakaan Bina Cemerlang diumumkan oleh Dispusip Siak meraih juara pertama.

Ia tak menyangka bahwa perpustakaan di sekolahnya itu akan terpilih menjadi yang terbaik dari semua peserta lomba.

"Alhamdulillah penilaian dari dewan juri, perpustakaan di sekolah kita mendapat juara pertama. Tentu saja ini diawali dari persiapan kawan-kawan di sekolah yang bekerja keras dalam lomba yang dibuat Dispusip Siak,"kata Jufriyanti.

Lanjutnya, apa yang diraih oleh Perpustakaan sekolahnya itu, dijadikannya sebagai motivasi kedepan untuk lebih memberdayakan pustaka tidak hanya dari segi fasilitas, sarana prasarana tapi juga pelayanan.

"Kami berharap, minat baca anak-anak harus semakin meningkat. Dan tidak hanya anak-anak, kami berharap juga masyarakat Kandis bisa memanfaatkan pustaka kami. Saat ini pustaka kami sudah bekerjasama dengan beberapa instansi, diantaranya di Bank Riau,"pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index