Puluhan Ribu Masyarakat Ramaikan Festival Pacu Jalur Ajang Uji Coba di Pangean Kuansing

Puluhan Ribu Masyarakat Ramaikan Festival Pacu Jalur Ajang Uji Coba di Pangean Kuansing
Festival Pacu Jalur ajang uji coba di Tupian Rajo, Pangean, Kuantan Singingi, Jum'at (22/7). (Sri Wahyuni/Riauaktual)

Riauaktual.com - Meski diguyur hujan, nyatanya tak memadamkan antusias masyarakat untuk meramaikan Festival Pacu Jalur ajang uji coba di Tupian Rajo, Pangean, Kuantan Singingi, Jum'at (22/7). 

Pantauan Riauaktual.com di lokasi, sorak-sorak puluhan ribu masyarakat menggema pada festival pacu jalur hari kedua yang menyisihkan 45 jalur dengan 22 hilir dan 1 menang bay ini. 

Salah satu warga Pekanbaru, Nurwalidaini turut memboyong keluarga untuk menyaksikan pacu jalur yang sempat terhenti sejak pandemi Covid-19. 

"Senanglah, akhirnya bisa lihat pacu jalur lagi. Walaupun kondisi cuaca sedang tidak bersahabat tapi tidak melunturkan semangat," ucapnya. 

Diharapkannya, festival seperti ini tetap dilaksanakan secara berkelanjutan. 

"Ini kan budaya khas Kuansing, khas Riau juga, masyarakat dari luar Kuansing pun datang. Tetap harus dilestarikan," harapnya. 

Disamping itu, Anggota DPRD Riau dapil Inhu-Kuansing Mardianto Manan turut mengapresiasi penyelenggaraan uji coba pacu jalur di daerahnya tersebut. Dikatakannya pacu jalur kali ini merupakan iven pertama menjelang puncak perayaan pacu jalur yang akan diadakan Agustus mendatang. 

"Ini adalah tonggak awal dari serentetan acara seremonial yang akan diadakan Agustus mendatang," ujarnya.

"Kita juga mengapresiasi. Karena ini adalah festival pertama setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi," tambahnya. 

Legislator fraksi PAN ini juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang memenuhi tribun sepanjang sungai Batang Kuantan tersebut. 

"Euforia masyarakat sangat dirasakan, semoga menjadi langkah awal yang baik dalam menyambut Festival Pacu Jalur yang sesungguhnya," tutupnya. 

Untuk diketahui, Festival Pacu Jalur ajang uji coba di Tupian Rajo, Kecamatan Pangean ini diadakan sejak kemarin, Kamis - Sabtu, 21-23 Juli 2022. Saat pembukaan pacu jalur turut hadir Plt Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby, Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan, Anggota DPR RI Abdul Wahid, Anggota DPRD Riau Mardianto Manan dan sejumlah pejabat lainnya.

Berita Lainnya

index