Kesbangpol Klaim Hanya 140 Ormas yang Aktif di Pekanbaru

Kesbangpol Klaim Hanya 140 Ormas yang Aktif di Pekanbaru
Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru Zulfahmi Adrian

Riauaktual.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru mendata, ada sekitar 400 organisasi kemasyarakatan (ormas) yang terdaftar. Namun dari jumlah itu organisasi yang aktif hanya sekitar 140 ormas.

Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru Zulfahmi Adrian mengatakan, ormas itu terdiri dari yayasan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan perkumpulan-perkumpulan.

"Berdasarkan data kami, jumlahnya sekitar 400 ormas. Namun, organisasi yang aktif hanya sekitar 140 ormas," ujar Zulfahmi, Selasa (19/7/2022). 

Menurutnya, jumlah ormas yang belum terdaftar mencapai ribuan. Karena, sebagian besar ormas tidak melaporkan keberadaannya ke Badan Kesbangpol. 

"Kami minta pengurus yayasan untuk aktif dan melapor ke kami. Ormas-ormas ini ada yang melakukan aktivitas di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, dan ekonomi," terangnya. 

Ia menilai, semua keberadaan ormas harus diketahui sesuai amanat undang-undang dan Permendagri. Sejauh ini, Badan Kesbangpol sudah melakukan upaya-upaya mengajak ormas agar menyampaikan informasi terkait organisasinya. 

"Hal ini penting mengingat dinamika di masyarakat Pekanbaru yang heterogen. Tidak menutup kemungkinan ada kegiatan yang harus diawasi," pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index