PD Qatar 2022, Panggung Terakhir Cristiano Ronaldo

PD Qatar 2022, Panggung Terakhir Cristiano Ronaldo
Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo. (Foto : Ist)

Riauaktual.com - Perseteruan di panggung Piala Dunia 2022 memiliki banyak magnet bagi para penggila sepak bola. Satu di antaranya, yakni kehadiran beberapa pemain yang kemungkinan tampil untuk kali terakhir.

Nama Cristiano Ronaldo menjadi sosok yang bakal menyita perhatian. Dia masih menjadi andalan Portugal di Piala Dunia 2022 Qatar. Berada di Grup H, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan ditantang Ghana, Uruguay, dan Korea Selatan.

Qatar bakal menjadi pesta balbalan terakbar bagi Ronaldo. Saat ini, usianya sudah 37 tahun, dan tentu saja menimbulkan satu pertanyaan yang ditujukan kepada mantan pilar Real Madrid itu.

Bagaimana penampilannya nanti bersama Seleccao das Quinas? Ronaldo telah memenangkan sebagian besar trofi yang didambakan pesepakbola.

Kala berseragam klub yang pernah dibelanya, Ronaldo memenangkan banyak trofi, baik di kompetisi domestik maupun Liga Champions UEFA. Pencapaain terbaiknya bersama timnas tersuguh di EURO 2016.

Portugal tampil sebagai yang terbaik usai menggebuk tuan rumah Prancis di partai puncak. Hanya saja, di pentas Piala Dunia, keberuntungan masih belum mau berpihak kepada pemilik lima Ballon d’Or itu.

Sejak 2006 di Jerman, Ronaldo sudah unjuk gigi di Piala Dunia. Bentrok kontra Angola pada 11 Juni merupakan debutnya. Ronaldo baru bisa mencatatkan namanya di papan skor saat Portugal melibas Iran, dua gol tanpa balas.

Sebiji lesakan Ronaldo via tendangan penalti menahbiskannya menjadi pemain Portugal termuda yang mencetak gol di Piala Dunia. Saat itu, dia berusia 21 tahun 132 hari. Lolos ke Babak 16 Besar, Timnas bersua Belanda.

Sayang, Ronaldo tak bisa tampil penuh dan harus meninggalkan lapangan pertandingan karena mendapat tekel horor dari bek Belanda berjuluk The Cannibal, Khalid Boulahrouz. Minus sang megastar, Portugal menang tipis 1-0 gol berkat aksi Maniche.

Portugal bernapas lega, Ronaldo bisa cepat pulih dan masuk starting XI versus Inggris di perempat final. Momen yang tak terlupakan tatkala Ronaldo menuntut wasit asal Argentina, Horacio Elizondo untuk segera mengganjar bomber Tiga Singa, Wayne Rooney, dengan kartu merah, karena menginjak Ricardo Carvalho pada menit ke-61.

Wasit mengamini tuntutan Ronaldo. Rooney yang tak lain adalah kolega Ronaldo di Manchester United pun keluar lapangan. Akan tetapi, aksi Ronaldo yang tertangkap kamera mengedipkan mata ke arah bangku cadangan Portugal soontak menuai respons negatif.

 

 

Sumber: RM.id

Berita Lainnya

index