Jika Susah Buang Air Besar, Coba Konsumsi 5 Jus Ini

Jika Susah Buang Air Besar, Coba Konsumsi 5 Jus Ini
Jus anggur untuk atasi susah BAB (Foto: Vaya)

Riauaktual.com - SUSAH buang air besar (BAB) memang tak menyenangkan. Membuat perut terasa begah dan sesak.

Sembelit atau susah buang air besar adalah salah satu masalah yang harus segera diperhatikan karena menimbulkan ketidaknyamanan dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti wasir, fisura anus, kondisi kolon, dan gangguan urologi.

Sembelit bisa disebabkan kekurangan cairan, tidak cukup makan serat makanan, diet kurang sehat, sindrom iritasi usus besar, kurangnya aktivitas fisik, kehamilan, efek samping obat-obatan tertentu, stroke, diabetes, dan lainnya.

Untuk mengetahui secara pasti penyebab masalah sembelit, perlu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Namun, Anda bisa coba mengatasinya dengan pengobatan di rumah. Salah satu caranya adalah mengonsumsi minuman jus buah seperti dikutip dari Healthsite

 

1. Jus nanas

Nanas dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Buah ini mengandung enzim bromelain yang dapat membantu meningkatkan pergerakan usus. Enzim ini mengandung cairan yang membantu melancarkan saluran tinja.

2. Jus apel

Buah ini kaya akan serat, mineral, dan vitamin yang dapat membantu mencegah sembelit. Anda bisa mencampurkan apel, setengah sendok teh bubuk adas, dan setengah cangkir air ke dalam blender. Adas mengandung serat makanan yang membantu menahan air dalam tinja dan memperlancar buang air besar.

3. Jus anggur

Ambil anggur segar, tambahkan jahe, dan air ke dalam blender. Tuang ke dalam gelas dan minum. Anggur kaya akan serat dan mengandung air, yang membantu melembabkan tubuh dan melancarkan buang air besar.

4. Jus jeruk

Jeruk tinggi akan vitamin C, mineral, dan serat yang dapat membantu merangsang pergerakan usus. Campurkan satu jeruk yang dicincang kasar dan tambahkan sejumput garam hitam ke dalam jus.

5. Jus lemon

Selain jeruk, lemon juga merupakan sumber vitamin C dan serat yang bagus dan baik untuk mengobati sembelit. Selain itu, lemon juga merupakan obat yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ambil setengah buah lemon, tambahkan madu, dan bubuk jinten. Tambahkan ke dalam secangkir air hangat. Aduk rata dan minum.

 

 

 

Sumber: Okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index