Periksa 3.500 Hewan Kurban, Distankan Pekanbaru Pastikan Belum Temui Kasus PMK

Periksa 3.500 Hewan Kurban, Distankan Pekanbaru Pastikan Belum Temui Kasus PMK
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru, memastikan hingga kini belum ada hewan kurban di Kota Pekanbaru yang terjangkit virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

Distankan Pekanbaru juga memastikan sebagian besar hewan kurban yang berada di tempat peternak maupun pengumpul dalam kondisi sehat.

"Ada tim yang kami turunkan guna memeriksa kesehatan dan izin masuk hewan ternak," kata Kepala Distankan Kota Pekanbaru melalui Kepala Bidang Peternakan, Herlandria, Senin (4/7/2022)

Tim Distankan Pekanbaru saat ini mengoptimalkan pengawasan terhadap hewan kurban di peternak maupun pengumpul. Mereka berupaya menjangkau seluruh lokasi tersebut jelang Idul Adha.

Mereka sudah melakukan pemeriksaan terhadap sekitar 3.500 ekor hewan kurban. Mayoritas hewan kurban tersebut dalam kondisi sehat sehingga layak untuk menjadi hewan kurban.

Pihaknya juga mengimbau penyelenggara untuk waspada terhadap penyebaran virus PMK. Ia menilai langkah antisipasi ini untuk mencegah hewan kurban sakit untuk dipotong.

"Kami imbau masyarakat juga dapat teliti untuk memilih hewan ternak yang akan dikurbankan. Selain itu kami tetap melakukan pengawasan di lapangan," ulasnya. 

Dirinya menegaskan hewan kurban harus memiliki surat kesehatan dari tempat asalnya. Para penyelenggara kurban harus memastikan hewan kurban memiliki surat kesehatan. 

Berita Lainnya

View All