Berikut 6 Cara Mudah Mengatasi Masalah Lutut yang Kita Alami

Berikut 6 Cara Mudah Mengatasi Masalah Lutut yang Kita Alami
Ilustrasi lutut. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Africa Studio

Riauaktual.com - Kondisi kaki yang tidak prima atau bermasalah bisa menyebabkan masalah saat beraktivitas. Hal ini terutama ketika terjadi masalah pada lutut kita.

Salah satu masalah yang banyak dialami oleh orang pada saat ini adalah nyeri pada lutut mereka. Gaya hidup yang dimiliki atau karena faktor lain dapat menimbulkan munculnya rasa nyeri pada lutut ini.

Untuk mengatasi masalah lutut bengkak ini, dapat dilakukan berbagai cara baik dengan obat atau melalui cara alami. Dilansir dari WebMd, berikut cara alami untuk mengatasi nyeri di lutut.

1. Istirahat

Istirahat dari aktivitas apa pun yang dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri. Ketika kamu sedang beristirahat, taruh bantal kecil di bawah lutut kamu.

2. Kompres dengan Es

Taruh es atau kantong es untuk mencegah atau meminimalkan pembengkakan pada lutut. Kompres lutut dengan es selama 10 sampai 20 menit sebanyak 3 kali atau lebih dalam sehari.

3. Hindari Mandi Air Hangat

Selama 48 jam pertama setelah cedera, hindari hal-hal yang mungkin bisa meningkatkan pembengkakan, seperti mandi air hangat atau minuman beralkohol.

4. Jangan Membungkus Lutut Terlalu Erat

Membungkus lutut terlalu erat bisa menyebabkan pembengkakan di bawah daerah lutut menjadi lebih parah. Kendurkan perban jika terlalu ketat. Tanda-tanda bahwa balutan terlalu ketat termasuk mati rasa, kesemutan, peningkatan nyeri, dan bengkak pada area di bawah perban.

5. Gunakan Kruk

kamu bisa membeli tongkat atau kruk dari apotek atau rumah sakit. Kamu bisa menggunakan kruk atau tongkat saat lutut kamu cedera.

6. Hindari Olahraga Tertentu

Hindari olahraga yang meningkatkan risiko nyeri lutut seperti lari, ski, bermain tenis, sampai lutut kamu tidak lagi terasa nyeri atau bengkak.

Sejumlah cara mudah tersebut bisa membantu untuk mengatasi nyeri lutut yang kamu alami. Dengan menerapkannya, kamu bisa mencegah terjadinya masalah kesehatan yang lebih berat.

Berita Lainnya

View All