Berikut Cara Mudah Hilangkan Bau Amis Ikan Sebelum Dimasak

Berikut Cara Mudah Hilangkan Bau Amis Ikan Sebelum Dimasak
Tips hilangkan bau amis ikan sebelum dimasak (Foto: YouTube/Pawon Mak Zaki)

Riauaktual.com - IKAN jadi salah satu sumber vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, dan dapat diolah dengan berbagai aneka masakan lezat. Namun sayangnya tak semua orang bisa memasaknya dengan baik, karena ada bau amis yang dapat merusak aroma makanan.

Ikan yang bau amis dan aromanya tidak sedap, akan berpengaruh terhadap hasil masakan Anda. Sehingga saat disajikan tidak lagi menjadi selera, apalagi untuk dijual, jangan sampai pelanggan menjadi hilang.

Tips Masak Ikan

Lalu bagaimana cara mengatasi agar ikan tidak berbau amis? Dikutip dari channel YouTube Pawon Mak Zaki, begini caranya supaya ikan tidak amis ketika dimasak.

Pertama-tama siapkan ikan sekitar 1 kilo gram, kemudian keluarkan dan bersihkan isi perutnya. Lalu belah atau disayat-sayat bagian pinggirnya, supaya bagian dalamnya tidak ikut amis.

"Ikannya bisa apa saja," terang Mak Zaki.

Kemudian beri air secukupnya untuk merendam ikan. Tambahkan satu buah air jeruk nipis, peras, campurkan ke dalam airnya. Aduk-aduk agar tercampur rata.

Setelah itu, tambahkan satu sendok garam, aduk kembali agar tercampur rata. Kalau dirasa sudah tercampur, diamkan selama 30 menit.

Setelah 30 menit tiriskan, lalu tinggal dimasak seperti digoreng atau olahan lainnya.

Jika Anda ingin mengolahnya dengan cara digoreng, panaskan minyak di dalam penggorengan. Setelah itu baru masukan ikan, tunggu sampai matang dan luarnya menjadi krispi.

 

 

Sumber: Okezone.com

Berita Lainnya

View All